John Hendri Sebut 43 Miliar Lebih DAK 2020 Sanggau Ditunda Pelaksanaannya, Berikut Rinciannya

John Hendri Sebut 43 Miliar Lebih DAK 2020 Sanggau Ditunda Pelaksanaannya, Berikut Rinciannya



TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Kabupaten Sanggau, H John Hendri memastikan bahwa pembangunan infrastruktur di Kabupaten tetap berjalan. Seperti diketahui Pemerintah juga tengah fokus menghadapi penanggulangan penyebaran Covid-19.

“Untuk pembangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tetap jalan, Tapi untuk yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) terpaksa ditunda karena anggarannya dialihkan untuk menangani Covid-19,”katanya,Kamis (30/4).

Ada tiga kategori DAK yang ditunda berdasarkan surat edaran Menteri Keuangan tentang penghentian proses pengadaan barang atau jasa DAK fisik tahun 2020, yakni DAK reguler, DAK Penugasan dan DAK Afirmasi.

“Besarannya kurang lebih Rp 43 Miliar,”tuturnya.

Kapolsek Capkala Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Kepada Aparat Desa Mandor di Landak

DAK yang ditunda dilaksanakan tahun 2020 yakni DAK Reguler dengan kegiatan ruas jalan Sungai Mawang-Empaong Rp 19,7 Miliar, Pemeliharaan jalan Karya Bhakti Rp 3,4 Miliar, pemeliharaan berkala jalan Sutan Syahrir Rp 3,1 Miliar.

Kemudian, untuk DAK Penugasan yaitu jalan Noyan-Simpang Lubuk Sabuk Rp 3 Miliar, Peningkatan jalan Balai Karangan-Keladang Dua Rp 7,9 Miliar dan DAK Afirmasi yaitu peningkatan jalan Simpang Kuya-Segumon Rp 2,6 Miliar.

“Ruas jalan ini telah kami programkan di tahun 2020, Namun dikarenakan sesuatu hal yang terkait dengan Covid-19 akhirnya dana itu diambil lagi oleh pusat sehingga untuk 2020 ini belum bisa kita lakukan,”ujarnya.

Lantaran belum terlaksananya beberapa program pembangunan tersebut, Hendri menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat.

“Bagaimanapun juga kami sebagai pelayan masyarakat yang mungkin tadinya sudah bisa membayang-bayangkan bahwa tahun ini akan mulus jalannya, Namun dikarenakan suatu hal ini jadi belum bisa dilaksanakan. Tetapi ini tetap kita angkat lagi di tahun 2021,”ujarnya.

Hendri menambahkan bahwa dalam rangka melaksanakan pembangunan khususnya infrastruktur di Kabupaten Sanggau ini walaupun masih dalam wabah Covid-19, Sebagaimana arahan Bupati Sanggau Paolus Hadi, Pihaknya sebagai aparatur sipil negara yang juga sebagai pelayan masyarakat harus melaksanakan pembangunan, Walaupun punya keterbatasan sana sini.

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak