Categories: Tribun Pontianak

BREAKING NEWS – Dinkes Rapid Test 183 Warga Sanggau Kalbar, 13 Orang Hasilnya Reaktif Covid-19



TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting mengatakan telah dilakukan rapid test kepada 183 warga Sanggau dan ditemukan 13 orang yang reaktif.

Dari 13 orang itu ada lima ODP, tujuh tenaga kesehatan, dan satu orang adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kontak langsung dengan tenaga kesehatan yang sudah dites sebelumnya dengan hasil reaktif.

“Maka dilanjutkan dengan kontaknya dan ternyata reaktif. Jadi ini kita laksanakan secara berkesinambungan, dan rapid test ini adalah bagian dari pencegahan,” jelasnya, Selasa (21/4/2020).

Sutarmidji Umumkan, Akibat Pasien Bohong 40 Dokter dan Paramedis RSUD di Kalbar Reaktif Covid-19

Untuk yang reaktif, 12 orang karantina mandiri dan satu orang di rumah isolasi di Asrama Diklat Sanggau Permai.

Rumah itu biasa digunakan untuk peserta Diklat dan sementara sekarang ini tidak ada diklat.

“Jadi sudah kita perbaiki, sudah kita lengkapi sarananya yang siap digunakan untuk rumah isolasi. Dan akan kita fasilitasi konsumsinya, kita antar,” jelasnya.

Sementara itu kata Ginting ada juga 10 orang dari RSUD M Th Djaman Sanggau yang isolasi mandiri, lantaran mereka mengantar, mengambil dan menangani pasien.

“10 orang ini bukan yang reaktif, inisiatif dia saja dan perlu kewaspadaan. Nanti ditunggu 7 hari lah baru Rapid Test. Dan sudah di Asrama Diklat Sanggau Permai. Jadi disana 11 orang,” ujarnya.

Kendati begitu, Ginting memastikan bahwa tenaga medis untuk menanggani Covid-19 ini cukup.

Karena kegiatan-kegiatan yang lain untuk sementara dikurangi dan bahkan ada yang dihentikan.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

1 hari lalu