Categories: Tribun Pontianak

Disnakertrans Sanggau Sebut Covid-19 Belum Terlalu Berdampak Pada PHK di Sanggau



TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sanggau, Paulus Usrin Mengatakan bahwa wabah virus corona yang terjadi belum terlalu berdampak pada ketenagakerjaan di Kabupaten Sanggau.

Hingga saat ini belum ada Perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Sanggau secara resmi menyampaikan kepada pihaknya terkait kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) tersebut.

“Sampai hari ini belum ada perusahaan yang melakukan PHK kepada karyawan-karyawannya, Tapi kalau karyawan yang mengundurkan diri ada satu dua orang, dari PTPN XIII,”katanya, Selasa (7/4/2020).

Kendati begitu, Ia mengakui akhir 2019 lalu, Cukup banyak perusahaan di Kabupaten Sanggau yang melakukan rasionalisasi terhadap pekerja atau karyawannya.

Diduga Terjatuh di Sungai Kapuas,Seorang Wanita Muda di Sanggau Ditemukan Meninggal

“Kami juga sudah mengimbau kepada pihak perusahaan terkait Covid-19 ini agar berhati-hati dalam mengambil kebijakan, baik rasionalisasi atau PHK karyawannya. Karena kondisi bangsa dan negara saat ini memang berat menghadapi wabah ini, jadi perlu kerja sama semua pihak,” imbuhnya.

Untuk itulah, Ia berharap agar para pengusaha dapat menjaga situasi yang kondusif di perusahaan nya masing-masing. Dan tetap melakukan pembinaan-pembinaan kepada karyawannya.

“Terkait pengaturan kepada karyawannya, kami memberikan seluas-luaskan kepada perusahaan untuk mengaturnya. Saya yakin dampaknya ada, seperti pengurangan jam kerja,”jelasnya.

Pihaknya juga telah mengeluarkan surat nomor: 560/138/Nakertrans-A tanggal 5 April 2020 perihal Imbauan Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Surat tersebut ditujukan kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Sanggau. Melalui surat tersebut, perusahaan diminta melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 pada pekerja/buruh dengan melakukan tindakan-tindakan pencegahan.

“Seperti perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengintegrasikan dalam program K3 dan optimalisasi fungsi pelayanan kesehatan kerja,”tuturnya.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Tribun Pontianak

Dikbud Sanggau Gelar Festival P5 Kurikulum Merdeka Jenjang SMP, Diikuti 9 Subrayon

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - PJ Bupati Sanggau Suherman diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliansyah membuka festival gelar karya projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) kurikulum merdeka jenjang SMP tingkat Kabupaten Sanggau di…

12 jam lalu
  • Tribun Pontianak

Dinkes Sanggau Keluarkan Surat Edaran Tentang Kewaspadaan Dini Peningkatan Kasus GHPR

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau mengeluarkan surat edaran (SE) bernomor 443/068/DINKES-C/2024, tentang kewaspadaan dini peningkatan kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting menyampaikan bahwa surat…

13 jam lalu
  • Radar Kalbar

Hiline “Cium” Vixion, Warga Sanggau Tewas di TKP, Begini Penjelasan Polisi – Radar Kalbar

FOTO : petugas Satlantas Polres Sekadau saat melaksanakan olah TKP tabrakan mobil Hiline Vs sepeda motor Vixion [ist]Doni – radarkalbar.comSEKADAU – Kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas jalan Dusun Tebelian Mangkang, Desa Tinting Boyok, Kecamatan…

14 jam lalu
  • Tribun Pontianak

Update Stok Darah Semua Golongan di PMI Sanggau Hari Ini Senin 6 Mei 2024

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Berikut update stok Darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau hari ini Senin 6 Mei 2024: "Siang ini stok darah golongan A sebanyak 7 kantong, golongan darah B sebanyak 9 kantong,…

18 jam lalu