Categories: Radar Kalbar

Gugus Tugas Covid 19 Tayan Hilir Gelar Gerakan Semprot Disinfektan Secara Masif


radarkalbar.com, TAYAN HILIR-Tak kurang 19 Kilometer (Km) jalan dari berbagai penjuru di tiga desa dalam kota Tayan Hilir disemprot disinfektan, Selasa (31/3/2020).

Saat penyemprotan ini, sedikitnya menghabiskan sekitar 15.000 liter cairan disinfektan.

Penyemprotan secara serentak ini dilaksanakan dalam sebuah
gerakan penyemprotan secara masif disinfektan menggunakan fasilitas kendaraan dinas Polri atau lain atau  peralatan yang ada.

Kemudian, kegiatan ini diiniasi Polsek Tayan Hilir, Pemerintah Kecamatan, Koramil 1204-07.

Sementara penyemprotan mengerahkan masing-masing dua kendaraan pemadam LPADK Binsika, PT ICA, Pemdes Pedalaman, Koramil 1204-07 dan mobil patroli Polsek Tayan Hilir.

Sebelum dilaksanakan penyemprotan, terlebih dahulu dilakukan konsolidasi area atau pembagian zona penyemprotan di halaman Puskesmas Kawat.

Menariknya, saat konsolidasi ini jarak antar orang, memang diatur sedemikian rupa sesuai standart operasional prosedur (SOP). Jadi tidak ada yang berdekatan satu sama lainnya.

Kapolsek Tayan Hilir, Iptu Sagi SH menuturkan gerakan penyemprotan secara masif itu menyasar ruas jalan sepanjang 19 Km dari 3 desa yang ada di Kota Tayan Hilir.

Adapun jalan yang disemprot disinfektan masing-masing :

1. Tayan – Simpang Ampar.

2. Tayan-Meliau.

3.  Jalan Desa Pulau Tayan.

4.  Jalan akses dan jembatan Kapuas hingga batas Kecamatan Toba.

5. Jalan lingkungan Desa Kawat dan Desa Pedalaman.

“Ini gerakan serentak secara masif dilaksanakan, merupakan upaya menangkal pencegahan sebaran Covid 19,” ungkapnya, usai mengikuti penyemprotan tersebut.

Ditegaskan, upaya serupa terus dilaksanakan. Guna untuk mencegah sebaran Covid 19 yang cukup meresahkan saat ini.

” Akan dilaksanakan secara terus menerus oleh tim gabungan kecamatan,” ujarnya.

Pria dengan dua balok dipundak ini mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan jangan panik. Dan jangan cepat percaya dengan informasi yang belum jelas asal usulnya atau hoax.

“Kami imbau warga jika mendapatkan informasi jangan langsung share atau bagikan. Cek dulu kebenarannya. Dan warga tetap tenang dan jangan panik,” imbaunya.

Baca juga

Camat Tayan Hilir, Lovianus A S Sos meminta semua pihak untuk menjaga kekompakkan dan soliditas. Sehingga upaya pencegahan akan sebaran Covid 19 ini bisa dilaksanakan secara optimal.

“Kita harus kompak untuk melakukan upaya pencegahan dan menangkal Covid 19 ini. Jadi ini menjadi kewajiban kita bersama, menjaga kondusifitas di Kecamatan Tayan Hilir ini,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Kampung Kawat, dr Sangap Kita Ginting mengatakan jika melihat alat pelindung diri (APG) tidaklah memenuhi syarat. Namun, hendaknya jangan menjadi halangan untuk bersama melawan Covid 19 ini.

“Sebenarnya  APD kita ini tak standart. Tapi tak ada rotan akar pun jadi. Nah, untuk menyemprot disinfektan pakai jas hujan saja melindungi diri dan pelindung yang ada lainnya,” ungkap Ginting.

Danramil 1204-07 Tayan Hilir Kapten Inf Demianus Ruspana menginformasikan akan ada pembagian beras dari pemerintah. Dan saat ini tim Gugus Tugas Covid 19 sudah mendapatkan sumbangan dana baru Rp 2 juta.

“Informasi yang kami terima, akan ada bantuan beras untuk warga tertentu. Dan saat ini Tim Gugus Tugas ada menerima bantuan dari Wakil Ketua DPRD Sanggau, Acam SE,” ungkapnya.

Hadir saat itu, Sekcam Tayan Hilir Akhmad Surgama SE, MM, Manager CSR/ER PT ICA Heri S Sos, perwakilan PT ANTAM UBPB Kalbar, Kepala Puskesmas Pulau Tayan, H Buyong, Kepala Desa Pedalaman Sunarto, Kepala Desa Kawat, Albohri, Kades Pulau Tayan Rudianto, Kades Cempedak, G Kilung serta berbagai unsur lainnya.

Penyemprotan ini diikuti sedikitnya 100 orang terdiri dari aparat, perwakilan perusahaan, perangkat desa, relawan dan pengurus ormas di Kecamatan Tayan Hilir.

Pewarta : tim liputan.
Editor      : @dmin.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Kalimantan Today

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024 – Kalimantan Today

Foto–Kasi Intelijen Kejari Sanggau, Adi Rahmanto   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan pengerjaan yang merupakan proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau. Demikian ditegaskan Kepala Seksi Intelijen (Kastel)…

4 jam lalu
  • Kalimantan Today

Tujuh Proyek Strategis Daerah Kabupaten Sanggau 2024, Ini Rinciannya – Kalimantan Today

Foto—Aris Sudarsono, Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono menyebut ada tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024. “Untuk progresnya sampai…

8 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Yehu Wangsajaya. Akun tersebut terlihat menggunakan nama dan foto pro?l Brigjen Pol Yehu Wangsajaya. Faktanya, akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan…

10 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Gambar Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan informasi di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa terdapat pesawat jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tersemat dalam unggahan informasi tersebut gambar pesawat yang jatuh dengan narasi…

10 jam lalu