Deklarasi Damai Sebagai Wujud Komitmen Bersama Menciptakan Pilkades Yang Aman dan Damai

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi S.IP M.Si berpesan kepada seluruh calon kepala desa yang akan mengikuti pemilihan kepala desa 01 April mendatang untuk lebih mengenal desa yang akan dipimpinnya.

“Jangan jadi Calon Kades tapi tak kenal Desanya. Kalau sudah kenal dengan sangat mendalam pasti hatinya untuk Desa itu,” ujarsapaan akrab Bupati Paolus Hadi usai menghadiri deklarasi damai calon kepala desa yang digagas Pusat Kajian dan Keilmuan Pojok si Gondrong bekerjasama dengan Polres Sanggau dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM Pemdes) yang berlangsung di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kabupaten Sanggau, Kamis (12/3) pagi.

Bupati juga mengingatkan Kepada Calon Kepala Desa untuk berhati – hati menggunakan media sosial. Jika media sosial digunakan dengan benar tentu akan sangat berguna.

“Makanya saya sering bilang kenali masalah dan tahu apa yang perlu kita bicarakan. Jangan tidak tahu masalah tapi berkomentar ujung – ujungnya jadi bumerang. Intinya bermedia sosiallah dengan bijak,” ujarnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Sanggau IPTU. Priyono Sumardianto dihadapan para Calon Kepala Desa meminta mereka untuk menjaga situasi Pilkades yang aman dan kondusif. Hindari hal – hal yang dapat memicu perselisihan.
“Jangan melakukan hal – hal seperti intimidasi ataupun tekanan – tekanan terhadap suatu kalangan masyarakat untuk memenangkan Pilkades. Ikutilah proses Pilkades secara jujur agar menghasilkan Kepala Desa yang pro kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Kepada masyarakat, Priyono mengajak untuk berperan aktif menjaga kondusifitas di wilayahnya masing – masing serta tidak mudah terpancing dengan isu yang dapat memecahbelah antar sesama masyarakat.
“Pilkades ini adalah pesta kita sebagai mayarakat desa. Kita gelar dengan penuh suka cita, penuh kedamaian, karena kita semua ini saudara, kita jaga betul situasi yang aman di wilayah kita,” pesannya.

Sementara itu, Calon Kepala Desa Sekayam, Mulyadi mengatakan pesan Bupati agar Calon Kepala Desa lebih mengenal karakter Desanya merupakan warning bagi para Calon Kepala Desa agar memahami kondisi Desa masing – masing sehingga diharapkan yang terpilih nanti bisa melaksanakan tugas dengan baik.
“Desa ini ujung tombak bagi pemerintah Kabupaten untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah,” ungkapnya.

Menanggapi banyaknya isu – isu di media sosial yang menyampaikan informasi yang negatif tentang para Calon Kades, Mulyadi berharap masyarakat bijak memahami isi dari isu – isu tersebut dan tidak mudah percaya begitu saja tanpa cek n balance,” pungkasnya.

Sebagai salah satu calon Kepala Desa, Mulyadi menyambut baik deklarasi damai ini.
“Saya sebagai Calon Kepala Desa siap menjaga pelaksanaan Pilkades nanti berlangsung aman dan damai,” ungkapnya.

Direktur Pusat Kajian dan Keilmuan Pojok Si Gondrong Kabupaten Sanggau, Sugeng Rohadi mengatakan sejatinya setiap kondisi adalah diciptakan. Termasuk kondisi yang aman dan damai. Pada track yang benar kondisi aman dan damai mesti diciptakan.

“Saya kira kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka menciptakan sebuah kondisi yang baik dalam berdemokrasi di kabupaten Sanggau pada tingkat desa. Ini adalah usaha bersama, baik kami selaku penyelenggara bersama dengan kepolisian dan dinas terkait maupun cakadesnya sendiri,” ujat Sugeng.

Sugeng menegaskan bahwa deklarasi Ini adalah momen kita berdompu. Saling bekerjasama terkait satu sama lain. “Terimakasih kepada pemerintah daerah, terutama Bapak Bupati Sanggau yang sepenuhnya mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.

Pemateri dalam acara tersebut Eka Hendri dari Akademisi IAIN Pontianak, Plt Sekretaris DPM Pemdes Sanggau Alian, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau yang diwakili Jaksa Fungsional Muhammad, Kapolres Sanggau yang diwakili Kasat Bimas Polres Sanggau IPTU. Priyono Sumardianto, Dandim 1204/Sgu diwakili Pasi Intel Kodim 1204/Sgu Kapten. Saiful Husna.