Antisipasi Penularan Virus Corona di Perbatasan, KKP Siapkan 14 Petugas di PLBN Entikong



SANGGAU– Terkait dengan pencegahan virus corona di perbatasan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pontianak, Rahamd Subakti menyampaikan, pihaknya di wilayah kerja Pos Lintas Batas Darat (PLBD) Entikong telah melakukan kesiapsiagaan dengan menempatkan 14 Petugas di PlBN Entikong.

“PLBD Entikong (Salah satu wilayah kerja kami). Kesiapsiagaan di PLBD Entikong telah kami siapkan seperti Staf yang bertugas di lokasi, peralatan untuk pemidai suhu atau thermal scanner, thermometer infrared, “kata Rahamd Subakti, Selasa (3/3/2020).

Untuk kedatangan dari luar negeri dilakukan pemeriksaan dengan pemidai suhu (Thermal scanner dan thermometer infrared).

“Kemudian dilakukan pencatatan dan pemberian HAC (Health Alert Card),”ujar Rahamd Subakti.

Dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak Wilayah Kerja Entikong, dr Gilda Ditya Asmara menahbahkan, pihaknya melakukan pengawasan ketat seperti yang sudah kita lakukan sebelumnya.

“Kita melakukan pemeriksaan suhu kepada semua pelintas menggunakan thermal scanner dan thermometer infrared,”kata Gilda Ditya Asmara.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pendataan dan pelaporan ke Dinas Kesehatan terkait apabila ditemukan pelintas dalam pemantauan.

VIDEO: Angkasa Pura II Antisipasi Masuknya Virus Corona di Bandara Internasional Supadio

“Dari hasil pengkajian riwayat perjalanan dan gejala klinis saat pemeriksaan, sejauh ini belum ada orang dalam pemantauan. Namun koordinasi dan penyampaian data tetap dilakukan, dan untuk saat ini kami ada 14 orang yang bertugas,” jelas Gilda Ditya Asmara.

Imbau Warga Tak Panik

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, dr Jones Siagian membenarkan bahwa stok masker di sejumlah Apotik di Kota Sanggau kosong.