Jadi Tuan Rumah FASI XI, Kabupaten Sanggau Target Juara Umum

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Setelah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XI tingkat Provinsi Kalimantan Barat oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalimantan Barat, BKPRMI Kabupaten Sanggau terus melakukan berbagai persiapan. Rapat-rapat dengan sejumlah panitia intens dilakukan. Pada kesempatan tersebut DPD BKPRMI Kabupaten Sanggau menemui Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si di ruang kerjanya untuk beraudiensi sekaligus menyampaikan persiapan yang sudah dilakukan panitia.

“Kami sudah siap melaksanakan FASI tingkat Provinsi. Selain rapat-rapat, kami juga sudah boking hotel yang ada di Sanggau untuk tempat istirahat peserta FASI,” kata Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Sanggau, Akhmad Kaspul Anwar ketika diwawancara usai menggelar audiensi, Senin (24/2/2020).

Ia juga menjelaskan FASI XI tingkat Provinsi Kalimantan Barat akan dilaksanakan dari tanggal 31 Maret hingga 4 April 2020 mendatang. Untuk lokasi kegiatan ada beberapa tempat yang dipilih yakni Gor indoor Balai Betomu, Kampung Wisata Sentana, Aula Camat Kapuas, Masjid Agung Al-Mu’awwanah Sanggau dan Masjid Jami’ Sultan Ayub di lingkungan Kantu’.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau khususnya kepada Bapak Bupati Sanggau, Paolus Hadi yang sangat mensupport FASI XI Tingkat Provinsi Kalimantan Barat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Kalimantan Barat, Firdaus Zar’in yang hadir dalam audiensi tersebut menyampaikan bahwa tugasnya sebagai Ketua Umum BKPRMI Provinsi adalah meyakinkan DPD BKPRMI Kabupaten/Kota untuk mengikuti FASI XI di Kabupaten Sanggau.

“Sementara ini ada dua kabupaten yang belum konfirmasi, akan tetapi masih ada waktu dan nanti kita akan komunikasikan lagi dengan dua kabupaten yang belum konfirmasi tersebut,” ujar dia.

Firdaus menambahkan, FASI XI yang digelar ini salah satu tujuannya adalah sarana evaluasi para Ustadz dan Ustadzah dan guru ngaji yang mengajar anak-anak di Masjid, di Musholla dan di rumah-rumah di seluruh Kalimantan Barat.

“Kepiawaian guru-guru ngaji atau ustadz dan ustadzah ini nantinya akan dilombakan. Peserta yang menjadi juara di tingkat Provinsi akan diikutkan pada FASI XI Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di Kalimantan Tengah,” ujar Ketua Umum DPW BKPRMI Provinsi Kalbar, Firdaus Zar’in.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menegaskan bahwa sebagai tuan rumah, Kabupaten Sanggau siap melaksanakan FASI XI Tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

“Tadi panitia sudah menyampaikan kesiapannya kepada saya dan kami dari Pemerintah Daerah juga sudah menyiapkan anggaran,” kata PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Kepada seluruh pemilik hotel yang menjadi tempat nginap peserta FASI XI beserta keluarganya, Bupati, Paolus Hadi menghimbau agar memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan Kabupaten Sanggau, karena bertepatan juga dengan kegiatan memperingati hari jadi Kota Sanggau ke-404,” pungkasnya.

Ia juga berharap Gubernur Kalbar bersedia membuka FASI XI Tingkat Provinsi Kalbar di Kabupaten Sanggau sekaligus menghadiri Hari Jadi Kota Sanggau yang ke-404.

“Untuk target juara, tentu juara umum. Akan tetapi yang terpenting adalah kita sukses sebagai tuan rumah,” tuturnya.

Penulis         : Alfian