Categories: Tribun Pontianak

Tanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini, MIN Sanggau Adakan Even Market Day



SANGGAU – Dalam rangka menanamkan jiwa berwirausaha (Enterpreneurship) sejak dini dikalangan peserta didik, MIN Sanggau mengadakan even yang disebut Market Day di Halaman MIN Sanggau, Jumat (14/2/2020).

Market Day sendiri adalah sebuah model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan, keterampilan dan mengkulminasikan dalam produk nyata.

“Serta memasarkan produknya kepada teman, guru, dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar yang diselenggarakan sekolah,”kata Kepala Madrasah MIN Sanggau Saat membuka Even Market Day, Sri Novianti, Jumat (14/2/2020).

Ia menyambut baik kegiatan ini dan kedepan akan diagendakan lebih baik lagi dan melibatkan orangtua siswa dalam pelaksanaannya.
Dari pantauan dilapangan, siswa terlihat antusias melakukan transaksi jual beli produk yang ditawarkan.

Dua Perda Disahkan, Suriansyah Harap Dapat Tingkatkan Pramuwisata dan Kewirausahaan Pemuda di Kalbar

Produk yang ditawarkan terbatas pada kue jajanan sehari-hari, seperti bakwan, pisang goreng,tahu goreng isi, aneka jajanan pasar lainnya, aneka minuman dan lain-lain.

“Kegiatan ini sebenarnya adalah aktualisasi dari proses pembelajaran di kelas, dimana siswa dapat dengan percaya diri untuk menawarkan produk yang dibuatnya. Selain itu di kegiatan ini siswa belajar berbagi kepada sesama lewat Sedekah Kue yang merupakan bagian dari even ini,”jelasnya.

Ditemui disela-sela kegiatan, Siswi kelas 6A, Dirly mengaku senang dengan kegiatan ini. Menurutnya selain mendapatkan pengalaman baru yaitu menjual kuenya, ternyata ada tantangan tersendiri yaitu bagaimana kue yang dijualnya bisa laku.

“Awalnya malu-malu sih jualan, lama-lama percaya diri dan senang juga melihat teman-teman yang ramai berkunjung ke stand saya,”jelasnya.

Kegiatan market day yang dilaksanakan oleh siswa disadari mampu menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan. Selain itu, kegiatan market day siswa mendapatkan pengalaman yang berharga dalam melakukan kegiatan ekonomi yang produktif.

Melalui kegiatan tersebut, setiap siswa benar-benar memperlihatkan hasil kerja keras dan kerja cerdas mereka. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah menumbuhkan fighting spirit dan daya saing siswa dalam berwirausaha di era globalisasi dengan penguasaan keterampilan kewirausahaan sejak dini. (*)




Bagikan

Berita Terbaru

  • Kalimantan Today

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024 – Kalimantan Today

Foto–Kasi Intelijen Kejari Sanggau, Adi Rahmanto   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan pengerjaan yang merupakan proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau. Demikian ditegaskan Kepala Seksi Intelijen (Kastel)…

1 jam lalu
  • Kalimantan Today

Tujuh Proyek Strategis Daerah Kabupaten Sanggau 2024, Ini Rinciannya – Kalimantan Today

Foto—Aris Sudarsono, Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono menyebut ada tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024. “Untuk progresnya sampai…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Yehu Wangsajaya. Akun tersebut terlihat menggunakan nama dan foto pro?l Brigjen Pol Yehu Wangsajaya. Faktanya, akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan…

7 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Gambar Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan informasi di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa terdapat pesawat jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tersemat dalam unggahan informasi tersebut gambar pesawat yang jatuh dengan narasi…

7 jam lalu