Rutan Sanggau Buat Buku Tabungan Bagi Narapidana Asimilasi

Rutan Sanggau Buat Buku Tabungan Bagi Narapidana Asimilasi



SANGGAU – Kepala Rutan Klas II B Sanggau, Acip Rasidi menargetkan pada Maret 2020 program pembuatan buku tabungan bank bagi narapidana yang berkerja asimilasi diluar dengan pihak ketiga sudah bisa dilaksanakan.

“Contoh yang sudah berjalan itu dengan Pemda, kebersihan taman di tepi sungai. Kemudian yang milik kami juga ada pencucian kendaraan, batako, ikan lele dan pengolahan hasil kebun (Lahan yang ada disekitar Rutan).”

“Itu yang sifatnya menghasilkan uang, upah atau preminya kita tabungkan sebagian jadi tak semua kita kasi ke napi asimilasi tersebut,” katanya, Minggu (9/2/2020).

Saat ini, ada 13 orang yang mendapatkan asimilasi diluar dan yang kerjasama dengan pihak luar.

Jumlah Tahanan di Rutan Sanggau Didominasi Kasus Narkoba, Masih Over Kapasitas

Mungkin yang lain kita atur lagi kemudian.

Untuk mengasimilasi warga binaan itu minimal dia sudah menjalani setengah masa pidana dan sudah pasti berkelakuan baik.

“Kalau belum setengah kita tunggu proses, makanya kita lakukan kontinyu. Nanti kalau misalkan bebas yang lainkan banyak ini, dan itu khusus pidana umum.”

“Kalau pidana khusus memang tak bisa kita berikan asimilasi diluar. Makanya yang pidana khusus kita carikan keterampilan didalam,”ujarnya.

Ia menjelaskan tujuan dibuatkannya buku tabungan atau rekening bank untuk menghilangkan stigma masyarakat.

“Dulu mungkin orang bebas itu katanya diminta uang untuk ini itu, nah sekarang kita yang memberi uang bagi yang berkerja. Itu untuk kegiatan yang diluar,”jelasnya.