Durian Ngagak Asal Entakai II Juarai Kontes Durian di Sanggau

Durian Ngagak Asal Entakai II Juarai Kontes Durian di Sanggau



SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi membuka kegiatan kontes durian dan bursa buah lokal Sanggau di Terminal Bus Sanggau, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Sabtu (8/2/2020).

Hadir juga Forkopimda Sanggau, Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Barat, Florentinus Anum, Sekda Sanggau, Kepala OPD Sanggau, Ketua PKK, DWP, juri kontes durian dan undangan lainya.

Kontes durian diikuti 142 peserta termasuk dari Kabupaten Sekadau, dan Kabupaten Landak dan Kabupaten Sanggau.

Adapun pemenang kontes durian yakni Raymundus Wolo dengan nama durian yakni durian Ngagak dari Entakai II, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau.

Dishangpang Hortikan Sanggau Siapkan 22 Hektare Lahan untuk Lestarikan Durian Serumbut

Dalam sambutanya, Bupati Sanggau Paolus Hadi berharap agar durian variates lokal terus dikembangkan.

Ia juga meminta masyarakat yang memiliki pohon durian agar tidak ditebang.

“Kalau bapak/ibu punya tanah, tolong jangan semuanya ditanam sawit, sisakan juga untuk buah-buah lokal kita. Supaya kedepan anak cucu kita mengenal buah-buah lokal kita,”katanya.

PH sapaan akrabnya juga menyampaikan kekhawatirannya disaat buah durian banjir di pasaran sehingga para petani kesulitan menjual buah mereka.

Untuk itulah, agar petani tidak terlalu rugi, Ia meminta agar para pedagang buah durian diorganisir supaya bisa menjual hasil panennya.

“Saya bawa pengusahanya yang akan membantu kita menjual durian yang kita miliki. Makanya saya minta dikoordinasikan dengan dinas terkait,”ujarnya.