Malam Keakraban, Syukuran 20 Tahun Tahbisan Uskup Agung Pontianak

Sanggau – Tampak terlihat keakraban, malam kebersamaan dengan penuh persaudaraan dalam acara syukuran 20 tahun tahbisan Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus yang dilaksanakan di aula Star Hotel Pontianak, Kamis (6/2/2020) malam.

Dalam kesempatan tersebut dari berbagai kalangan tokoh masyarakat, tokoh Agama, unsur Pemerintah Provinsi Kalbar beserta Forkopimda Prov. Kalbar, Bupati Sanggau beserta istri dan beberapa kepala OPD, Bupati Landak, Rohaniwan, Biarawan-Biarawati, dan tamu undangan lainnya hadir ikut ambil bagian dalam kebersamaan, malam yang penuh keakraban dan kegembiraan.

“Panggilan saya menjadi imam, menjadi Uskup Agung bukan target. Kalau Tahta Suci menunjuk saya menjadi Uskup Agung, itu risiko dari panggilan saya. Saya diberi tanggung jawab.” Demikian ungkapan Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus dalam sambutannya.

Berikut Mgr. Agustinus Agus menambahkan bahwa selama 20 tahun perjalanannya menjadi Uskup bukanlah waktu yang singkat untuk dikenang, banyak hal yang telah dilewati dan berbagai peristiwa dalam tugas penggembalaan dan pelayanannya telah dialaminya. “Sejak 19 juni 1977 di tahbiskan menjadi Uskup Sintang hingga 3 Juni 2014 pengangkatan sebagai Uskup Agung Pontianak tentu banyak hal yang telah dilewatinya, terlebih terus menjaga kerukunan antar umat beragama, menjalin tali persaudaraan dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dari berbagai kalangan etnis yang ada, dalam merajut kalbar yang toleran, harmonis, aman dan damai”jelas Uskup.

Selanjutnya dalam kesempatan itu juga Uskup menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terkait yang telah mendukung hingga terlaksananya acara syukuran 20 tahun tahbisannya sebagai Uskup dan begitu juga kepada tamu undangan yang hadir dalam kebersamaan tersebut.

Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, Hermanus M.Si yang didampingi Sekda Provinsi Kalbar A.L.Leysandri, SH dalam kesempatan tersebut menyampaikan salam hormat dan permohonan maaf dari Gubernur maupun Wakil Gubernur Kalbar yang mana saat yang bersamaan sedang Dinas luar menghadiri rapat dengan Presiden RI terkait penanganan Karhutla, selanjutnya atasnama pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat kepada Uskup atas 20 tahun penggembalaannya dalam pelayanan iman kepada umat dan terimakasih atas karya pelayanan dan kerjasamanya dalam membangun masyarakat Kalbar khususnya umat Katolik diwilayah Keuskupan Agung Kalbar.

Dalam pelayanan selama ini Keuskupan Agung Pontianak telah berbuat banyak, dimana karya pelayanan kepada daerah dan masyarakat di daerah ini sangat besar terhadap perkembangan keimanan umat Katolik, peningkatan kualitas sumber daya manusia, upaya pelestarian lingkungan hidup, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan menjaga kerukunan antar umat beragama, oleh karena itu apresiasi yang setinggi-tingginya disampaikan kepada para Pastor, Bruder, Frather dan Suster yang juga telah berkarya di Keuskupan Agung Pontianak, tetap semangat dan terus berkarya dalam pembinaan keimanan masyarakat/umat.

Pesan serta harapan kepada Uskup Agung Pontianak, teruslah berkarya dengan penuh semangat, membina keimanan umat, memotivasi umat agar kokoh keimanan dalam membangun karya keselamatan seiring perkembangan dan perubahan yang terjadi di tengah kemajemukan masyarakat guna membangun kehidupan gereja yang mandiri, visioner, tampuh dan berbudi luhur dengan berbasis kepada umat.

Dalam kesempatan yang sama, Uskup Agung Pontianak melaunching Buku yang berjudul “DENGARKANLAH USKUPMU”. Penulis : R.Masri Sareb Putra, M.A. dan Buku yang berjudul “ANAK KAMPUNG JADI USKUP AGUNG”. Penulis : Chatarina Pancer Istiyani.

Acara berjalan penuh keakraban dan kegembiraan, Lagu-lagu dari penampilan setiap perwakilan tamu undangan memecah suasana keheningan, lagu Onih Agah, Apai Borita dan Doleng Do Nado persembahan dari Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.I.P., M. Si Beserta Istri (Arita Apolina, S.Pd, M.Si) membuat para tamu undangan ikut berkondan bersama.

Penulis : Sukardi