Safari Natal Bersama Umat Stasi Engkolai, Bupati Sanggau Serahkan Bantuan Beras Sebanyak Dua Ton

//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melaksanakan safari natal bersama dengan umat Gereja Santo Petrus Stasi Engkolai, Paroki Jangkang, bertempat di Gereja Santo Petrus Dusun Engkolai, Desa Tanggung, Rabu (22/1/2020). Safari natal kali ini mengusung tema: “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang (Yohanes 15:14-15)”.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si beserta Ibu, Dandim 1204/Sanggau, Letkol.Inf.Gede Setiawan, Staff Ahli Bupati beserta Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, Pastor Paroki Jangkang, Warsito, Pastor Lukman, Plt.Camat Jangkang, Ancip Sebastianus, Forkompimcam, Ketua Panitia, Yason Kanedy, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, serta masyarakat (Umat) Katolik Desa Engkolai.

Kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat, serta dilanjutkan penyambutan dengan ritual adat dayak dan pancung buluh muda.

Setelah itu, kegiatan safari natal dimulai dengan Misa bersama.

Ketua Panitia, Yason Kanedy menyampaikan safari natal dari Pemerintah Kabupaten Sanggau di Stasi Engkolai ini merupakan yang sudah lama di nanti-nantikan oleh masyarakat.

“Safari natal merupakan ungkapan rasa syukur atas kelahiran Yesus Kristus dan sekaligus menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan umat, Tokoh Agama dengan Pemerintah Kabupaten Sanggau, sesuai dengan tema natal yakni hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang,” jelasnya.

Sementara itu, Pastor Paroki Jangkang, Pastor Warsito menyampaikan bahwa Stasi Engkolai Paroki Jangkang ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan safari natal Pemerintah Kabupaten Sanggau.

“Kenapa ditunjuk Stasi Engkolai menjadi tuan rumah?, karena mereka bersedia dan siap menjadi tuan rumah kegiatan safari natal dari Pemerintah Kabupaten Sanggau,” ujarnya.

Ia juga berharap di tahun 2021 hingga seterusnya safari natal tetap dilaksanakan.

“Kita berharap kegiatan ini jangan sampai hanya sekali ini saja, karena kegiatan ini merupakan momen terbaik dimana pejabat pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, serta masyarakat (umat) untuk bisa saling bertemu, sekaligus bersilahturrahmi,” ucap Pastor Paroki, Warsito.

Lebih lanjut, Plt.Camat Jangkang, Ancip Sebastianus menyampaikan puji syukur bahwa Stasi Engkolai, Desa Tanggung, Kecamatan Jangkang dapat melaksanakan safari natal.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang sudah membantu menyelenggarakan kegiatan safari natal ini, yang mana sudah lama di nanti-nantikan oleh Umat Stasi Engkolai,” ucap Plt.Camat Jangkang, Ancip Sebastianus.

Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya safari natal yang merupakan agenda rutin dari Pemerintah Kabupaten Sanggau di setiap tahunnya merupakan wujud perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengucapkan selamat natal 2019 dan tahun baru 2020.

“Pada hari ini kita dapat melaksanakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sanggau, yakni melaksanakan safari natal diseluruh Paroki khusus yang Katolik. Karena yang Kristen Protestan sudah kami laksanakan dari bulan desember. Walaupun hari ini sebenarnya momen natal sudah lewat, akan tetapi kita bisa melaksanakan sebagai wujud syukur, terutama untuk memberi kesempatan pemerintah daerah bisa bertemu dengan masyarakat ,” jelas PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Ia juga mengatakan melalui kegiatan ini untuk dapat meresapi dengan apa yang disampaikan oleh Pastor dan Pendeta yakni bagaimana menjadi sahabat bagi semua orang.

“Dan itu atas dasar keprihatinan melihat situasi yang berkembang saat ini di negara kita. Kalau di lihat bahwa negara ini di dirikan bukan dari satu suku, satu agama, satu pulau dan kulit yang sama. Tetapi, karena memang kita berbeda-beda, sehingga lambang burung garuda mencengkram kalimat yang sangat istimewa, yaitu bhineka tunggal ika,” tuturnya.

Gereja melalui PGI dan KWI, lanjut dikatakannya telah menentukan pesan natal tahun 2019 yaitu hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.

“Kita sebagai umat kristen diperintahkan untuk bisa menjadi sahabat bagi semua orang. Minimal sahabat untuk diri sendiri dan untuk orang disekelilingnya,” ucapnya.

Bupati, Paolus Hadi menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan khususnya di Kecamatan Jangkang.

“Kita akan fokus untuk pembangunan jalan di Kecamatan Jangkang dan pada tahun ini juga akan dimulai pembangunan gereja yang baru untuk Gereja Santo Petrus Stasi Engkolai Desa Tanggung,” tegasnya.

Ia berharap kepada masyarakat Kecamatan Jangkang untuk bisa mendukung apa yang menjadi program pembangunan dari Pemerintah.

Bupati Sanggau menyerahkan secara simbolis berupa bantuan beras sebanyak dua ton dan uang tunai sebesar Rp.9.900.000.

Penulis : Alfian/Izar