Wabup : Jadikan Momen Natal Untuk Saling Berbagi Kegembiraan

Sanggau – Tampak antusias Umat Katolik di Kecamatan Entikong memadati bangunan gereja St.Yohanes Maria Vianney Paroki Entikong dalam merayakan natal bersama dengan rasa gembira dan penuh sukacita, minggu (10/1/2020) pagi.

Natal bersama umat Kristiani dalam Safari Natal Pemerintah Daerah kali ini disambut luar biasa oleh masyarakat perbatasan Entikong khususnya umat di setiap Kring dan Stasi-stasi yang ada di Paroki Entikong.

Pastor Paroki Entikong Bartolomeus dalam sambutannya mengatakan bahwa natal kali ini disambut luar biasa, berbagai persiapan telah dilakukan dan setiap perwakilan umat di kring (lingkungan) maupun perwakilan umat di Stasi-stasi/Kampung-kampung juga turut hadir merayakan natal bersama dengan meriah dan sukacita, selamat natal dan tahun baru, salam dari pastor paroki Entikong Keuskupan Sanggau.

Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita, hendaklah umat manusia bersukacita dalam menyambut sang terang yang datang ke dunia, Ia datang sebagai sahabat manusia dan sahabat dunia. Untuk itu, kita hendaknya menjadi bintang sumber terang tersebut untuk menerangi sesama dalam kehidupan sehari-hari dimanapun kita berada, demikian ungkapan Uskup Sanggau, Mgr. Giulio Mencuccini dalam sambutannya.

Selanjutnya Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini menambahkan berdasarkan tema natal “hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” tentu hal tersebut bukan hanya sebagai sahabat saja tetapi harus juga sebagai saudara bagi semua orang, namun untuk mewujudkan tema tersebut kita harus memiliki cinta kasih dalam diri kita, mari jadilah pelaku firman dan sumber terang bagi semua orang.

Disamping itu, Wakil Bupati (Wabup) Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si dalam sambutannya mengatakan, Safari Natal merupakan agenda rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah kepada umat Kristiani yang ada di Kabupaten Sanggau, sedangkan Safari Ramadhan khusus untuk umat muslim. Hal tersebut dalam rangka menjalin tali silaturahmi, kebersamaan dan mewujudkan Sanggau Budiman (berbudaya dan beriman).

“Jadikan momen natal untuk saling berbagi kegembiraan, terapkan tema natal yang luar biasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari yakni “hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” pesan wabup.

“Saya mengajak umat Katolik di Paroki Entikong untuk menggunakan momen perayaan Natal bersama ini untuk bersama-sama kita bersikap dan berperilaku dalam memaknai persahabatan. Hidup dalam keseharian saling menghormati satu sama lain dan saling menghargai perbedaan. Kemudian jauhi narkoba dan mari kita lawan bersama terhadap peredaran narkoba di wilayah perbatasan”, tegas wabup sembari mengakhiri sambutannya.

Dalam safari natal tersebut Wabup menyerahkan bantuan beras sebanyak 2 ton secara simbolis kepada pastor paroki dan nantinya akan disalurkan oleh pihak paroki kepada siapa saja masyarakat yang membutuhkannya dan bantuan uang sebesar 9 juta rupiah diserahkan kepada kepanitiaan natal bersama.

Penulis : Sukardi