Pemkab Sanggau Gelar Safari Natal Dengan Umat Gereja Santo Paulus Rasul Mukok

//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melaksanakan Safari Natal bersama dengan umat Gereja Santo Paulus Rasul Mukok Keuskupan Sanggau, Sabtu (11/1/2020). Safari natal kali ini mengusung tema: “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang (Yohanes 15:14-15)”.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir.Kukuh Triyatmaka, MM, Kadis Kominfo Kabupaten Sanggau, Ir.Yulia Theresia selaku koordinator, Kadis DPM-Pemdes Kabupaten Sanggau, Siron, S.Sos, M.Si, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono, S.AP, Kasat Pol-PP Kabupaten Sanggau, Victorianus, Kadis Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sanggau, Drs.Alipius, M.Si, Sekjen Keuskupan Sanggau, Edmundus Saebar, Pr, Pastor Paroki RD.Petrus Sumardi, Pr, Pastor RD.Lorensius Watanama, Pr, Plt.Camat Mukok, Dra.Musi’ah, Forkompimcam, Ketua DPP Mukok, Lomensius sekaligus selaku Ketua Panitia, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama serta masyarakat (Umat) Paroki Santo Paulus Rasul Mukok.

Pada kesempatan tersebut, Plt.Camat Mukok, Musi’ah mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau atas terselenggaranya kegiatan safari natal tersebut.

“Perlu disampaikan bahwa dimana Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau bukan hanya melaksanakan safari natal untuk Umat Kristiani, akan tetapi juga melaksanakan safari ramadhan untuk Umat Muslim,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan safari natal tersebut bukan hanya dilaksanakan hari ini saja, akan tetapi jauh sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sudah melaksanakan safari natal hingga ke desa-desa.

“Mari kita bersama-sama mendukung kegiatan-kegiatan rohani, agar anak-anak generasi kita menjadi anak yang baik,” ucap Plt.Camat Mukok, Musi’ah.

Tema natal tahun 2019, lanjut dikatakannya, yaitu hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang.

“Nah, ini sangat baik, artinya tidak memandang suku apa, agama apa, dari RAS mana dan ini sangat kita harapkan. Sehingga kita bisa bersinergi antara agama yang satu dengan agama yang lainnya, kemudian begitu juga dengan budaya yang kita miliki, karena kita satu bangsa Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka mengucapkan selamat merayakan natal untuk Umat Kristiani dan selamat tahun baru 2020.

“Tentu tadi di dalam ibadah sudah disampaikan oleh Pastor, yang mana tema natal tahun 2019 yakni hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang, tentu ini sangat bermakna untuk kita semuanya,” ujarnya.

Ia juga mengatakan tema tersebut sangat relavan dan sejalan dengan visi dan misi pak Bupati dan Wakil Bupati Sanggau, untuk menciptakan suatu kondisi di daerah yang tentunya saling mensupport, membantu dan membangun daerah.

“Kita sebagai umat tuhan tentunya sebagai bagian masyarakat, mari kita bersama-sama sebagaimana kita juga bersahabat dengan sekitar kita, pemerintah dan saudara-saudara kita. Sehingga apa yang disampaikan oleh ibu Plt.Camat Mukok tadi sangat relavan bahwa kalau kita bersahabat pasti kondisi kita akan damai dan sejahtera,” tutur Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka.

Kukuh juga mengatakan bahwa dengan adanya safari natal tersebut pemerintah daerah juga ingin mendengar berupa kritik dan saran dari masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau menyerahkan secara simbolis berupa bantuan beras sebanyak dua ton dan uang tunai sebesar Rp.9.900.000.

Penulis : Alfian