FESTIVAL KERIANG BANDONG MENGIRINGI PERGANTIAN TAHUN KAB. SANGGAU

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU, Detik-detik pergantian tahun, kembali Masyarakat Kab. Sanggau berbondong-bondong mendatangi Kampung Sentana. Seperti di tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Sanggau kembali menggelar lomba perahu hias atau lebih di kenal dengan Festival Keriang Bandong yang mana Festival ini sudah menjadi kegiatan rutin dan icon malam pergantian tahun Kab. Sanggau, Selasa, (31/12/2019) pukul 22.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si beserta istri Ny. Arita Apolina, Dandim Sanggau Letkol Inf. Gede Setiawan beserta Istri, Kapolres Sanggau AKBP Raymond Marcellino Masengi, S.I.K., M.H., Pj. Sekda Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, Ketua Pengadilan Kab. Sanggau Arief Boediono, Kepala OPD Kabupaten Sanggau dan seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau turut berpartisipasi dalam memeriahkan malam pergantian tahun 2019.

Sambil menunggu Pergantian Tahun, masyarakat di hibur dengan penampilan Perahu Hias Keriang Bandong yang silih berganti berlayar di tengah Sungai Kapuas. Peserta di tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 9 peserta, yaitu 15 peserta lomba. Untuk penilaian di hitung menggunakan poling SMS, sehingga masyarakat lah yang menilai keindahan dan keunikan dari perahu hias tersebut.

Pada kesempatan tersebut, di sela-sela menunggu detik-detik pergantian tahun, Bupati Sanggau menyampaikan “Tidak terasa satu tahun yang lalu kita bersama-sama berkumpul disini dalam merayakan sekaligus menyambut malam pergantian tahun. Ini merupakan yang ke empat kalinya dirayakan di Taman Kampung Sentana Sanggau. Saya ucapkan terimakasih kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan komunitas-komunitas yang ada di Kabupaten Sanggau untuk bisa berpartisipasi dalam memeriahkan malam pergantian tahun ini. Saya ingin anak-anak Sanggau bisa terus berkreatifitas dalam membuat keriang bandong, kemudian di dalam segi pendidikan harapan saya di tahun depan bisa semakin meningkat prestasi nya, sehingga bisa menaikkan persentase kualitas pendidikan di Kab. Sanggau.” Ujar Paolus Hadi.

Penulis: Izar