Rakor Lintas Sektoral Dalam Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Sanggau – Polres Sanggau Melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Oprasi Lilin Kapuas Dalam Rangka Kesiapan Pelaksanaan Pengamanan Natal 2019 dan Tahun 2020, Rabu (18/12) Pukul 11.00 Siang Bertempat di Aula Polres Sanggau.

Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, S.Ik, MH, Menyampaikan dinamika perkembangan secara Nasional cukup sangat kondusif dan untuk beberapa daerah masih ada yang kurang kondusif dan rawan. Untuk di tingkat lokal kabupaten masih kondusif, meskipun masih ada kendala dikarenakan bencana alam di beberapa daerah atau titik yang longsor namun sudah ada yang dibenahi.
“Terkait kondisi lalu lintas menjadi perhatian, saya yakin di titik tertentu masyarakat masih menggunakan penyeberangan melalui sungai ini menjadi pengawasan kita agar dalam melaksanakan natal dan tahun baru cukup kondusif, terutama kita harus mampu memetakan potensi kerawanan agar kita bisa memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat”, jelasnya.

Terkait masalah harga sembako maupun ketersediannya, saat ini masih aman dan stabil menjelang natal dan tahun baru, ini tentu berkat kerjasama kita semua.

Menyangkut situasi terkait kriminalitas, kita jaga bersama agar gangguan dari luar tidak masuk ke wilayah kita, sehingga kebersamaan dan toleransi bisa terwujud keamanannya. Menjelang hari raya, kita akan melibatkan lintas agama dalam menjaga keamanan sehingga seluruh etnis yang ada bisa saling menjaga kebersamaan di wilayah kita.

Kemudian berkaitan dengan keamanan lalulintas, telah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan akan memasang rambu-rambu lalulintas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kita juga sudah mendirikan posko dalam rangka mengantisipasi natal dan tahun baru serta kita juga menyiapkan kendaraan trem untuk derek kendaraan. Pengaman tempat ibadah akan dipersiapkan dan ini bukan hanya di tingkat kabupaten saja akan tetapi sampai ke kecamatan dan desa.

Untuk PLN diharapkan persiapannya dalam menjelang natal dan tahun baru sehingga dalam pelaksanaan ibadah nanti tidak mati lampu serta dapat memberikan pelayanannya kepada masyarakat dengan baik.

Disamping itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.I.P, M.Si, pada kesempatan tersebut mengatakan perlunya kesiapan dalam menyambut natal dan tahun baru dalam segala hal baik cuaca, listrik dan lainnya. Masyarakat bisa natalan atau tidak, kami juga sudah membahas saat rapat Kominda lalu dan dari pihak PLN menyatakan mereka siap.

Mengenai kegiatan Rakor, dirinya berterima kasih kepada peserta undangan yang sudah mau hadir dan sedikit kecewa karena masih ada beberapa unsur terkait yang diundang tidak hadir, untuk pengamanan Natal maupun tahun baru perlu kerjasama dan komitmen bersama sehingga nanti apabila ada masalah tidak saling menyalahkan, ini tentu belajar dari pengalaman yang sudah-sudah karena apabila ada masalah maka Pemerintah dan Polri yang disalahkan selaku pengaman.
“Harapan bersama dalam pelaksanaan natal dan tahun baru nanti menimbulkan situasi yang aman dan kondusif. Kita juga tetap berjaga-jaga, semoga tidak ada orang yang macam-macam dan tidak ada yang terlibat dalam kegiatan penggunaan narkoba saat menjelang tahun baru nanti di Kabupaten Sanggau”, tutur Bupati.

Kegiatan Rakor berdialog dan berdiskusi dengan penuh semangat, saling mendukung terkait tugas dan fungsinya dalam tim untuk mewujudkan sanggau yang aman dan kondusif.

Tampak hadir pada Rakor, Pasi Ops Kodim 1204/Sanggau, Kabag Ops Polres Sanggau, Danramil Jajaran Kodim 1204/Sanggau, Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP, Pengurus Bamag, Perwakilan Dari Keuskupan Sanggau, FKUB Kab. Sanggau, OMK, Perwakilan PLN, Bulog, SPBU, Perwakilan Ormas-ormas, Paguyuban dan peserta undangan lainnya.

Penulis : Sukardi