Wabup Sanggau Resmikan Taman Bacaan Masyarakat Pioner PT.Antam

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs.Yohanes Ontot, M.Si meresmikan taman bacaan masyarakat pioner PT.Antam Tbk di Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau, Senin (16/12/2019). Dalam kesempatan itu juga digelar Sarasehan Lansia.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau, Ny.Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Camat Toba, Jemain dan Forkompimcam, Vice President CSR, HC and Finance PT Antam Tbk UBPB Kalbar, Muhammad Rusdan, Kades se-Kecamatan Toba, tokoh masyarakat, agama dan undangan lainya.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan, Taman bacaan sangat bermanfaat bagi semua orang.

“Mereka yang hobby membaca dia mampu membuka celah-celah dunia, “katanya.

Wabup, Yohanes Ontot menambahkan, buku-buku inilah yang nanti akan memberikan wawasan-wawasan bagi terutama pelajar dan masyarakat umum yang mau menambah ilmu pengetahuannya dan wawasannya.

“Saya kalau naik pesawat dari Pontianak sampai Jakarta tetap baca majalah yang ada. Buku merupakan bagian yang amat penting untuk kita mampu menambah wawasan, cara berfikir, cara bertindak dan cara berbuat. Tentu untuk menambah pengetahuan kita,”ujarnya.

Vice President CSR, HC and Finance PT Antam Tbk UBPB Kalbar, Muhammad Rusdan menyampaikan, Penyediaan taman bacaan ini merupakan salah satu Program Kementrian BUMN yang mencanangkan komitmen untuk membangun 1.000 taman bacaan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kami selaku BUMN turut berperan dalam mewujudkan hal tersebut sehingga kita bisa bersama-sama membangkitkan kembali budaya literasi masyarakat Indonesia sekaligus mencerdaskan kehidupan anak bangsa agar menjadi manusia yang terdidik dengan baik dari segi akademis dan budi pekerti, “katanya.

Untuk taman bacaan di lokasi ini kami menyediakan taman bacaan digital. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada era perkembangan teknologi informasi saat ini, perangkat digital bukanlah hal baru lagi bagi masyarakat kita.

“Bukan saja masyarakat usia dewasa, tidak jarang kita temui bahwa anak-anak usia dini juga sudah akrab dengan gadget, sehingga disadari atau tidak minat membaca buku makin rendah.
Dengan niat baik agar minat baca masyarakat khususnya anak-anak meningkat, bekerjasama dengan BUMN PT.Balai Pustaka Antam memfasilitasi adanya taman bacaan pioner di seluruh unit Antam di Indonesia dan untuk di Kalimantan Barat ditempatkan di Kecamatan Toba,” tuturnya.

Besar harapan kami bahwa upaya ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat Toba khususnya generasi muda untuk dapat mengisi waktu dengan kegiatan yang positif.

“Kiranya hal ini juga dapat mendorong keinginan anak-anak untuk terus menambah wawasan dan lebih bijak dalam memanfaatkan teknologi gadget, “ujarnya.

Semoga pemanfaatan taman bacaan ini dapat selalu maksimal dan didukung dengan pengelolaan yang efektif sehingga semakin terbuka luas bagi siapapun yang ingin belajar atau mencari informasi disini, khususnya para pihak terkait di Kecamatan Toba.

“Untuk pemilihan lokasi taman bacaan, di enan lokasi di seluruh Antam kami menentukan titik-titik lokasi taman baca yang cukup beragam agar dapat menjangkau penerima manfaat seluas-luasnya, antara lain di sekolah, ruang terbuka, kantor PKK desa dan juga perpustakaan wilayah desa, “jelasnya.

Dikatakanya, keberlanjutan fasilitas taman bacaan ini sangat bergantung pada pemanfaatan dan pengelolaannya. Untuk itu kami mohon kerjasama dari pihak PKK Kecamatan Toba ataupun pihak terkait lainnya di sekitar wilayah ini, siswa-siswi sekolah, masyarakat yang tinggal di dekat sekolah, Kepala Sekolah serta Guru untuk bersama-sama dengan Antam dapat silih berganti mengadakan aktivitas bersama di perpustakaan ini.

“Ragam informasi yang tersedia disini mulai dari fitur bacaan umum, remaja dan anak-anak, buku-buku pelajaran kurikulum tahun 2013, serta fitur audio visual, dapat diakses dengan mudah secara bersama-sama,”ujarnya.