MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Sanggau Resmi di Mulai, Bupati: Generasi Qur’ani Menjadi Andalan Kedepan Dalam Membangun Kabupaten Sanggau

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2019 resmi dibuka oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si yang ditandai dengan pemukulan beduk. MTQ kali ini mengusung tema “Melalui MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2019 kita wujudkan masyarakat yang agamis, harmonis, sejahtera menuju generasi Qur’ani yang berakhlak mulia dan berprestasi untuk Kabupaten Sanggau bermartabat”, yang dilaksanakan di Lapangan Stadion Bertuah Kecamatan Bonti, Minggu malam (15/12) pukul 20.30 WIB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf.Gede Setiawan, Kapolres Sanggau, AKBP.Imam Riyadi, S.Ik, MH, Pengurus LPTQ Provinsi Kalbar, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Sanggau, H.Roni Fauzan, SE, M.Si, Kakan Kemenag Sanggau, Drs.H.M.Taufik, Kasubbag Pembinaan Kejari Sanggau, Endah Budiansyah, Para Asisten, Staff Ahli Bupati, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat Bonti, Darmikus Heri sekaligus selaku Ketua Panitia MTQ XXVIII, Forkompimcam, Para Camat serta seluruh kafilah dari perwakilan kecamatan se-Kabupaten Sanggau dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Camat Bonti, Darmikus Heri sekaligus selaku ketua panitia pelaksana MTQ XXVIII mengucapkan selamat datang di Bumi Pucuk Rebung Bonti dalam rangka menyemarakkan pembukaan MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2019.

“Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu berbudaya dan beriman dalam menuju Sanggau yang maju dan terdepan. Tentunya hal tersebut dapat diwujudkan melalui MTQ ini hubungan silahturrahmi sesama umat beragama dan antar umat beragama harus terus terjalin dan tetap dipertahankan,” kata ketua panitia MTQ XXVIII, Darmikus Heri yang juga selaku Camat Bonti.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Sanggau, H.Roni Fauzan menyampaikan sesuai dengan tema yang diangkat yakni Melalui MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2019 kita wujudkan masyarakat yang agamis, harmonis, sejahtera menuju generasi Qur’ani yang berakhlak mulia dan berprestasi untuk Kabupaten Sanggau bermartabat.

“Melalui kegiatan MTQ ini diharapkan nilai-nilai yang ada didalam Al-Qur’an dapat di implementasikan oleh Umat Muslim sebagai pondasi dasar berperilaku, bekerja, bersilahturrahmi dan bersinergi dalam keberagaman untuk bersama-sama membangun Sanggau yang maju dan terdepan,” ucapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana MTQ XXVIII di Kecamatan Bonti ini yang di Ketuai oleh Camat Bonti beserta LPTQ Kecamatan dan Kepala KUA Kecamatan Bonti beserta seluruh anggota panitia atas kerja kerasnya sehingga kegiatan MTQ tersebut sejak mulai penerimaan hingga pembukaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa MTQ tersebut sudah yang XXVIII dilaksanakan.

“Sebagai Bupati kami terus mendorong supaya pengembangan iman dan ketaqwaan (umat) masyarakat Kabupaten Sanggau semakin lebih baik, tentu MTQ ini salah satu sarananya yang sudah rutin kita lakukan dari tahun ketahun dalam dua tahun sekali untuk tingkat kabupaten,” jelasnya.

Ia juga mengatakan puji syukur hari ini kita bisa melaksanakan MTQ di Kecamatan Bonti.

“Meskipun dengan kondisi jalan yang masih becek, akan tetapi saya lihat semangat dari para kafilahnya dengan melalui MTQ ini sebagaimana tema yang diusung yakni Melalui MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2019 kita wujudkan masyarakat yang agamis, harmonis, sejahtera menuju generasi Qur’ani yang berakhlak mulia dan berprestasi untuk Kabupaten Sanggau bermartabat. Dengan MTQ ini kita berharap kita ciptakan masyarakat yang agamis, masyarakat yang tidak pernah lupa dengan Allah Swt,  adapun sejahtera harapan kita semua dengan doa dan apa yang kita lakukan, sehingga masyarakat kita bisa lebih baik, tentu generasi qur’ani ini yang menjadi andalan kita kedepan yang bisa menjadi contoh untuk membangun kabupaten yang kita cintai ini,” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Ia juga mengatakan bahwa berprestasi walaupun dikatakan bahwa juara bukan segala-galanya, tetapi berprestasi adalah sesuatu yang bermartabat.

“Itulah harapan saya, mari para kafilah kita persiapkan diri, yang nantinya menjadi juara akan mewakili Kabupaten Sanggau pada MTQ Tingkat Provinsi Kalbar yang akan dilaksanakan pada tahun depan di Kabupaten Sekadau. Ayo berprestasi dan tunjukkan, tadi juga kita sudah bersama-sama mendengarkan lantunan bacaan Al-Quran yang dibacakan oleh salah satu senior yang sudah berkali-kali mengikuti MTQ hingga Tingkat Nasional,” harapanya.

Bupati, Paolus Hadi mengatakan kita datang di Bonti ini mari kita meriahkan, panitia pasti sudah berkerja keras, semoga semua dilayani dengan baik dan ini adalah tempat yang dikenal dengan tempatnya rebung yang paling enak.

“Saya berharap sarana yang kita lakukan ini, betul-betul dengan melalui MTQ kita wujudkan dan kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari, pertama merupakan penuntun, pedoman dan arah bagi umat manusia untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Al-Quran harus menjadi nafas serta pegangan hidup yang haqiqi, maka harus diserapi dan diamalkan dalam kehidupan kepribadian Umat Muslim, sehingga diharapkan sebagai sumber ilmu, cahaya moral, benteng tegaknya nilai-nilai islam yang berkeseimbangan dan islam yang toleran serta meningkatkan syiar kehidupan beragama mewujudkan generasi yang agamis dan penuh tanggungjawab dan memperkokoh ketahanan umat muslim dalam menghadapi era globalisasi,” tuturnya.

Penyerahan piala bergilir Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) oleh Camat Meliau kepada Bupati Sanggau dan dilanjutkan dengan pemberiaan piala bergilir tersebut oleh Bupati Sanggau kepada Camat Bonti selaku Ketua Panitia Pelaksana MTQ XXVIII Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2019 yang akan kembali diperebutkan.

Penulis         : Alfian