Peresmian Dan Natal GBI.JAS Yang Luar Biasa, Jemaat Penuh Sukacita

Sanggau – Empat tahun lebih lamanya jemaat menunggu, dengan penuh kesabaran, penuh tantangan dan penuh perjuangan namun memiliki semangat ketekunan, kebersamaan dalam membangun gedung gereja dan akhirnya penantian yang cukup panjang tersebut membuahkan sukacita dan kegembiraan, dimana gedung gereja yang didambakan jemaat berdiri megah di Desa Kenamaan Kecamatan Sekayam dan telah diresmikan oleh Bupati Sanggau pada Kamis (12/12/2019) pukul 16.00 WIB.

Peresmian Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jemaat Anugrah Sekayam (JAS) dihadiri jemaat yang luar biasa dari berbagai denominasi, para jemaat tampak penuh sukacita karena dalam kesempatan yang sama selain acara peresmian juga sekaligus Natal bersama.

Berikut Panitia Pembangunan Yunike Saragih dalam laporannya mengatakan bahwa proses pembangunan gedung gereja memakan waktu yang cukup lama dan penuh dengan perjuangan, pembangunan gedung gereja dimulai sejak 22 maret 2015 lalu dengan menelan dana 4 milyar lebih yang mana dana tersebut dihimpun dari sumbang jemaat, para remaja gereja, sumbangan pribadi para gembala dan jemaat, pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten Sanggau. Untuk itu Panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh donatur yang telah ikut serta ambil bagian dalam pembangunan gereja tersebut semoga kebaikan para donatur mendapat berkat dari Allah yang Maha Kuasa, ucap Yunike Saragih seraya mengakhiri laporannya.

Gembala Sidang GBI JAS Pdt. Ishak Nimbang, M. Th. menambahkan bahwa proses pembangunan penuh dengan pergumulan, namun berkat doa, dukung serta kerja keras bersama terlebih tidak terlepas dari campur tangan Tuhan sehingga pembangunan gereja berjalan baik dan lancar serta dapat diresmikan.
“Kehadiran GBI. JAS ini tentu harus menjadi berkat bagi banyak orang disekitarnya, terlebih para jemaat GBI itu sendiri dapat menghasilkan iman yang mampu membawakan setiap orang dalam kebaikan”, harapnya.

Ketua BPD GBI Kalbar Pdt. Kenny Worter, M. Pd. K mengatakan hadirnya gereja ini merupakan ketekunan, doa dan bukti iman jemaat kepada Allah pencipnya, harapan dengan kehadiran gereja ini agar jemaat bisa membawa persembahan kepada Tuhan, membawa pujian dan doa kepada Tuhan sehingga dengan kehadiran Tuhan gereja ini akan sangat berdampak positif terhadap kota Sekayam dan Desa-desa disekitarnya.

Ketua Sinode GKTI Pdt. Dr. Barnabas Simin, M. Pd. K dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat kepada Sinode GBI JAS beserta jemaatnya atas peresmian gedung gereja, selanjutnya diucapkan selamat Natal dan Tahun Baru kepada jemaat yang hadir pada Natal bersama, jangan cepat puas terhadap apa yang sudah dibuat dan masih banyak pekerjaan mulia yang harus dilakukan kedepan, terus dorong SDM jemaat (masyarakat) yang unggul dalam sinergitas dengan program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia maju.

Disamping itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.I.P., M. Si, menyampaikan bersyukur kepada Tuhan karena meskipun padatnya jadwal kegiatan yang diikutinya namun dirinya bisa hadir, dari hal itu dirinya beserta rombongan merasa senang dapat hadir dalam peresmian GBI. JAS terlebih bisa merayakan Natal bersama dengan jemaat GBI Sekayam.

Selaku Pemerintah Daerah berterimakasih kepada masyarakat khusus jemaat GBI yang telah berinisiatif, bekerja keras, memiliki semangat yang luar biasa, memiliki kekompakan sehingga gereja yang dibangun atas dasar iman tersebut dapat berdiri megah dan diresmikan langsung oleh dirinya. Untuk itu, Proficiat kepada jemaat GBI Sekayam. Pergunakan gedung gereja tersebut dalam pelayanan iman juga sebagai tempat kegiatan kerohanian, tentu ini seiring dengan mimpi bersama dalam mewujudkan Sanggau Budiman (berbudaya dan beriman).

Terkait Natal bersama, Natal adalah sukacita menyambut kelahiran Sang Kristus, untuk itu hendaklah kita saling berbagi sukacita Natal dan kegembiraan satu sama lainnya, sesuai tema Natal nasional kali ini “Jadilah Sahabat Bagi Semua Orang”. Dari tema tersebut, kita diajak bersama agar dapat menjadi sahabat bagi semua orang dalam mewujudkan hidup penuh persaudaraan, kekeluargaan, toleransi beragama, keharmonisan dalam keberagaman dan cinta kasih satu sama lain, untuk mewujudkan Sanggau yang lebih baik lagi kedepannya.

Selamat Natal kepada seluruh masyarakat Sanggau pada umumnya dan secara khusus jemaat GBI. JAS, selamat menyongsong tahun baru 2020 semoga tahun baru yang akan datang Sanggau lebih bermartabat.

Penulis : Sukardi