Pembangunan Gardu Induk Sanggau Siap Digunakan Awal Tahun 2020



SANGGAU – Pembangunan Gardu Induk (GI) yang didirikan oleh PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Barat, untuk wilayah Kabupaten Sanggau siap digunakan pada awal tahun 2020.

“Kita insya Allah nanti di minggu kedua Januari, ini beroperasi secara utuh, dari Tayan ke Sanggau tegangannya sudah dapat. Jadi GI Sanggau ini akan bisa melayani warga itu nanti insya Allah di minggu kedua Januari,” ungkap Manager PLN UPP Kitring KBB 2 Sintang, Adliansyah saat rombongan wartawan berkunjung ke GI Sanggau, pada Rabu (11/12).

Dijelaskan Adliansyah, sebelum GI sanggau ini dapat beroperasi harus diperlukan tower SUTT atau Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV yang berguna untuk menyambungkan tegangan dari GI Tayan ke GI Sanggau.

“Jadi dari GI Tayan ke GI Sanggau ini, kita tuh punya 235 titik tower (SUTT) yang harus kita bangun. Nah bangunnya pertama-tama dari pemeriksaan lahan dulu, terus kita bikin pondasinya kemudian baru kita erection atau kita dirikan tower tersebut,” kata Adliansyah.

Selanjutnya dari 235 titik tower tersebut, dikatakannya saat ini sudah ada 194 tower yang sudah selesai pengerjaannya atau sudah terbangun, dan tersisa 41 tower yang masih belum berdiri.

Jelang Hari Listrik Nasional, PLN Rampungkan 2 Pembangkit dan 6 Gardu Induk di Kalbar

“Dari 41 tower itu, dan yang saat ini dalam tahap pengerjaan ada 33 yang lagi dikerjakan titiknya,” tambah Adliansyah.

Selama ini sumber aliran listrik wilayah Sanggau pun diperoleh dari PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Sanggau dan beberapa PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel).

 Adliansyah menyampaikan bahwa, wilayah Sanggau merupakan wilayah yang terisolated atau terisolasi dari Sistem Khatulistiwa.

Nantinya, setelah Sistem Khatulistiwa dan GI Sanggau pun dapat dioperasikan, maka dikatakan Adliansyah, mati lampu yang disebabkan karena kurangnya daya itu tidak akan terjadi.

“Dan disini kalo tidak salah ada 25 desa yang belum teralirkan listrik, jadi dengan adanya GI Sanggau inipun insyaallah desa-desa yang belum listrik tadi kita akan alirkan,” tandas  Adliansyah.