Diskominfo Sanggau Gelar Pelatihan Membuat Berita dan Pemanfaatan Medsos Sebagai Media Publikasi KIM Desa Belangin

//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau melaksanakan pembinaan dan pelatihan dalam membuat berita dan pemanfaatan media sosial (Medsos) sebagai media publikasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa Belangin yang merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya, yang dipusatkan di Kantor Desa Belangin, Kecamatan Kapuas, Selasa pagi (3/12/2019) pukul 10.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Kadis Kominfo Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik, Emelia Agustina Lusy beserta staffnya, Sekretaris Desa Belangin, Slamet Waluyo beserta jajarannya dan pengurus KIM Desa Belangin.

Pada kesempatan tersebut Sekdes Belangin, Slamet Waluyo menyambut baik atas kedatangan dari pihak Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau di Desa Belangin.

“Selamat datang kepada pihak Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau yang sudah berkenan hadir di Desa Belangin dalam rangka melaksanakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya terkait pembinaan KIM Desa Belangin,” ucap Sekdes Belangin, Slamet Waluyo.

Ia juga menyampaikan kepada pengurus KIM Desa Belangin untuk bisa mengikuti pembinaan KIM dari Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau dengan sebaik-baiknya.

“Saya berharap pengurus KIM Desa Belangin untuk bisa memanfaatkan dan mengikuti kegiatan pembinaan KIM ini dengan seksama dan sebaik-baiknya, yakni terkait bagaimana dalam membuat berita yang valid. Apabila ada yang belum jelas maka dipersilahkan untuk bertanya kepada Dinas Kominfo Sanggau selaku narasumber,” ujarnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili Kasi Pengelolaan Komunikasi Publik, Emelia Agustina Lusy menyampaikan hadir di Desa Belangin ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan pertama beberapa bulan yang lalu dengan agenda sosialisasi KIM dan pembentukan kepengurusan KIM.

“Karena setelah terbentuknya KIM, perlu dilaksanakan pembinaan kepada anggota KIM berupa pelatihan bagi anggotanya, terutama dalam pemanfaatan media sosial sebagai platform untuk penyampaian dan menyeberluaskan informasi publik,” ucapnya.

Ia juga berharap para anggota KIM di Desa Belangin ini bisa berkontribusi dalam memberikan informasi yang baik dan benar.

“Pada kegiatan hari ini, kami selaku dari Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau memberikan pelatihan sederhana yaitu pembuatan akun media sosial yg mana nantinya setelah akun media sosial KIM Desa Belangin terbentuk, para anggotanya bisa mengelola dan memanfaatkan dengan baik. Kemudian cara penulisan beritanya sesuai dengan unsur 5W1H, yang nanti akan disampaikan oleh rekan saya terkait bagaimana teknis dalam pembuatan berita sesuai dengan unsur 5W1H tersebut,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Tatag Suasono selaku narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau menyampaikan terkait penulisan berita yang baik dan benar harus memenuhi unsur dari 5W1H.

“Adapun 5W1H yang dimaksud yakni; pertama, what yang merupakan unsur pertama yang wajib, tema atau inti cerita yang ingin disampaikan dan memuat fakta sebanyak-banyaknya yang berkaitan dengan kerjadian yang terjadi; kedua who yang merupakan orang-orang yang terlibat dan pelaku atau orang-orang lain yang turut mendukung cerita tersebut bisa terbentuk; ketiga, when yang merupakan keterangan yang jelas dan memberikan informasi yang akurat terhadap peristiwa yang terjadi; keempat, where yang merupakan lokasi tempat kejadiannya dan mendukung pembaca dalam memahami alur cerita disertai keterangan tempat yang jelas atas suatu peristiwa; kelima, why yang merupakan sebab suatu peristiwa terjadi dan keenam, how yang menjabarkan bagaimana proses terjadinya dan membantu pembaca dalam memahami alur cerita serta dapat mendukung pernyataan atas unsur why yang telah dijabarkan sebelumnya,” jelasnya.

Tatag juga menyampaikan agar pengurus KIM Desa Belangin ini bisa memanfaatkan media sosial (medsos) yang ada sebagai media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Kita bisa memanfaatkan medsos yang ada, seperti facebook dan instagram dalam menyampaikan sebuah informasi. Karena medsos selain free juga memasyarakatkan, yang pada dasarnya kita semua sudah memiliki masing-masing akun facebook dan juga instagram,” ujar Tatag selaku narasumber dari Diskominfo Sanggau.

Selanjutnya, pengurus KIM Desa Belangin melakukan praktek langsung dalam membuat berita sesuai dengan unsur 5W1H serta dilanjutkan pembuatan akun facebook dan instagram sebagai media publikasi KIM Desa Belangin.

Penulis : Alfian