//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik (Staff Ahli Bupati Bidang I), Rizma Aminin, S.IP, M.Si hadir dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, dengan mengusung tema “Akhlak Rasulullah sebagai spirit dalam mewujudkan revolusi mental Umat dan bangsa”. Kegiatan diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan pengurus Masjid At-Taqwa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Sabtu (9/11/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Ustadz Zulfiadi, S.Pd.I, MA selaku penceramah dari Kota Singkawang, Kakan Kemenag Sanggau, Drs.H.M.Taufik, Ketua II PHBI Kabupaten Sanggau Drs.H.Ahmad Saukani, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, para pengurus PHBI Sanggau, Forkompimcam, Perwakilan dari perbankan, Pengurus Masjid At-Taqwa, Santoso Zahri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat (Umat) Islam di Balai Karangan.

Kedatangan Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik beserta rombongan disambut hangat oleh masyarakat (Umat) Islam yang ada di Balai Karangan.

Pada kesempatan tersebut pengurus Masjid At-Taqwa Balai Karangan, Santoso Zahri mengucapkan terimakasih kepada PHBI Kabupaten Sanggau yang telah mempercayakan atau memilih tempat di Kecamatan Sekayam ini khususnya di Masjid At-Taqwa untuk bisa melaksanakan kegiatan safari PHBI yaitu acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H.

“Tentunya kami juga ucapkan terimakasih kepada para pengurus dan para donatur yang telah bersusah payah untuk bisa melaksanakan acara ini, sehingga bisa berjalan dengan baik dan sukses,” ucapnya.

 

Selanjutnya, Ketua II PHBI Kabupaten Sanggau Drs.H.Ahmad Saukani menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini merupakan kegiatan rutin dari PHBI Kabupaten Sanggau.

“Karena kita selalu melihat kecamatan-kecamatan yang mana saja kira-kira yang siap untuk melaksanakan kegiatan hari besar Islam. Mudah-mudahan nanti kedepannya kita bisa juga melaksanakan di kecamatan yang lain. Karena program PHBI itu paling tidak satu kali dalam setahun itu ada berkunjung di kecamatan-kecamatan,” kata Ketua II PHBI Sanggau H.Ahmad Saukani.

Ahmad Saukani juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus Masjid At-Taqwa yang sudah bisa menerima kami dalam rangka kegiatan syiar Islam ini.

“Sehingga kita di PHBI untuk merangkul semua umat khususnya umat Islam yang ada di daerah kita untuk menunjukkan rasa persatuannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kakan Kemenag Sanggau Drs.H.M.Taufik mengatakan dengan memaknai dari tema yang diusung, yakni terkait revolusi mental, kita kaitkan dengan Rasulullah SAW dengan paham-paham rahmatan lil’alamin.

“Artinya yang pertama, bagaimana Islam ini dapat memberikan rahmat; kedua, mari kita berupaya adanya paham moderisasi, yang mana moderisasi ini tidak kekanan dan tidak kekiri, akan tetapi mampu berada di tengah-tengah jalur yang benar,” kata Kakan Kemenag Sanggau H.M.Taufik.

Sehingga saya menghimbau kepada masyarakat, lanjut dikatakannya bahwa dengan adanya kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini mari kita dapat meningkatkan kerukunan intern umat beragama.

“Oleh karena itu, mari kita mampu bertoleransi, dalam arti memberikan toleransi terhadap perbedaan-perbedaan, apapun paham-paham yang ada janganlah kita jadikan perbedaan-perbedaan itu menjadi umat Islam terpecah belah. Selanjutnya, mari kita tingkatkan kerukunan antar umat beragama. Misalnya, antara Islam dengan Kristen rukun, antara Islam dengan Katolik rukun, antara Islam dengan Budha Rukun, antara Islam dengan Khonghucu rukun dan sebaliknya, serta mari kita tingkatkan umat Islam yang selalu rukun antar umat beragama dengan pemerintah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staff Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu pengurus PHBI Kabupaten Sanggau yang tidak henti-hentinya dan senantiasa berupaya meningkatkan syiar Islam di Kabupaten Sanggau.

“Pada kesempatan ini yang mana PHBI Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan pengurus Masjid At-Taqwa untuk menyelenggarakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun 1441 H ini,” katanya.

Dengan tema yang diusung, lanjut dikatakan Staff Ahli Bupati Bidang I, Rizma Aminin bahwa terkait dengan bagaimana memperbaiki akhlak kita semua dalam mengikuti akhlak Nabi Muhammad SAW.

“Perlu disampaikan bahwa saat ini proses pemilihan dan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden sudah usai, tidak ada lagi antar 01 dan 02,yang ada yaitu gabungan dari 01 dan 02 yakni persatuan Indonesia. Kita sedang mengambil contoh bagaimana para pemimpin nasional kita berkolaborasi, karena memang tujuannya satu yaitu membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ujar Staff Ahli Bupati Bidang I Rizma Aminin.

Lanjut dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam salahsatu visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang dalam seven brand images yaitu Sanggau berbudaya dan beriman (Budiman).

“Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Sanggau kami mengucapkan terimakasih kepada PHBI Kabupaten Sanggau yang telah membantu mensukseskan program Bupati. Apabila kita ingin membangun suatu bangsa, maka kita harus bersatu. Jika antar sesama umat agama didalam agama yang sama kompak, kemudian diantara umat beragama disuatu negara kompak dan antar umat beragama dengan negaranya kompak maka Indonesia akan maju,” tuturnya.

Penyerahan bantuan dari PHBI Kabupaten Sanggau dan bingkisan dari Bank Kalbar Cabang Sanggau kepada Pengurus Masjid At-Taqwa Balai Karangan, Kecamatan Sekayam.

Penulis : Alfian