//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjung Pura dalam hal ini diwakili oleh Pabandya Komsos Kodam XII/Tanjung Pura Letkol Inf.Affiansyah serta didampingi Pasi Intel Kodim 1204/Sanggau Kapt.Inf.Eko Prasetyo Widodo serta pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau melakukan survei tempat untuk dibangun stasiun radio komunitas pemuda di salahsatu desa yang ada di Kabupaten Sanggau, Selasa (22/10/2019). Adapun dua desa yang akan dikunjungi untuk melakukan survei dari pihak Kodam XII/TPR diantaranya; Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu dan Desa Sosok Kecamatan Tayan Hulu.

Pada kesempatan tersebut Pangdam XII/TPR dalam hal ini diwakili oleh Pabandya Komsos Kodam XII/TPR Letkol Inf.Affiansyah mengatakan kami mendapat petunjuk dan perintah dari Pangdam untuk melaksanakan survei tempat terkait akan didirikan stasiun radio komunitas pemuda yang akan di serahkan disalahsatu desa yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Pada hari ini ada dua desa yang akan kita lakukan surveinya, diantaranya Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu dan Desa Sosok Kecamatan Tayan Hulu. Sehingga diharapkan dengan adanya pemancar radio nantinya dapat memberikan informasi-informasi kepada masyarakat di seputaran desanya,” ujar Pabandya Komsos Kodam XII/TPR Letkol Inf.Affiansyah.

Lanjut dikatakannya, juga untuk berkesempatan dapat memberikan arahan kepada pemuda-pemuda di desa tersebut untuk dapat berkreatifitas menjadi penyiar radio.

“Sehingga diharapkan melalui radio komunitas nantinya, mereka bisa berkreatifitas di desanya sendiri,” harapnya.

Untuk desa yang akan ditunjuk untuk didirikannya stasiun radio komunitas, lanjut dijelaskan Pabandya Komsos Kodam XII/TPR nantinya ditargetkan pada bulan November sudah mengudara.

“Kita targetkan paling tidak pada akhir November sudah mengudara dan hasil dari survei ini akan kita laporkan kepada Pangdam XII/TPR yang nantinya keputusan dari beliau,” katanya.

Lebih lanjut, Letkol Inf.Affiansyah menyampaikan nantinya mungkin akan ada stasiun-stasiun radio lainnya dan ini merupakan uji coba.

“Kemungkinan nanti akan ada stasiun-stasiun radio lainnya dan ini adalah uji coba, dengan harapan komunikasi sosial antara pihak Kodam XII/TPR dengan masyarakat, kemudian didalamnya juga Forkompimda terkait informasi-informasi yang ingin disampaikan dari Forkompimda bisa juga disiarkan di radio ini. Kemudian nantinya transmitter atau radio ini akan diserahkan kepada Kepala Desa untuk memanage semua kegiatan pemuda tersebut,” tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Kades Pusat Damai Siprianus, A.Md mengatakan menyambut baik atas kedatangan dari pihak Kodam XII/TPR terkait dalam melakukan survei untuk desa yang akan menerima bantuan stasiun radio komunitas dari Kodam XII/TPR.

“Selaku Kepala Desa Pusat Damai menyambut sangat baik kedatangan dari pihak Kodam XII/TPR. Sebenarnya ini sudah lama di idam-idamkan, karena selama ini komunikasi kita hanya melalui handphone sangat terbatas dan kita juga perlu ruang publik yang bisa menginformasikan kepada masyarakat. Juga kita bisa berbagi inovasi dan informasi melalui radio tersebut,” kata Kades Pusat Damai Siprianus.

Hal yang serupa disampaikan oleh Sekretaris Desa Sosok menyampaikan sangat menyambut baik kedatangan dari pihak Kodam XII/TPR dalam melakukan survei tempat terkait desa yang akan menerima bantuan dari Kodam XII/TPR berupa stasiun radio komunitas tersebut.

“Adapun harapan untuk desa yang nantinya ditunjuk untuk didirikannya stasiun radio komunitas tersebut dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat terkait dalam penyebarluasan informasi,” harapnya.

Penulis : Alfian/Izar