SANGGAU – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsosp3akb) Laksanakan Sosialisasi Program Kependudukan Indonesia Di Kabupaten Sanggau, bertempat di Aula Pertemuan Hotel Meldy pada Rabu (16/10/2019) dalam rangka Meningkatkan dan Menambah Pengetahuan yang berkaitan dengan masalah Kependudukan.

Adapun peserta yang hadir mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut sebanyak 50 orang yang terdiri dari Para Guru, Masyarakat dan Para Pelajar di Kota Sanggau.

Sambutan Perwakilan BkkbN Provinsi Kalbar Drs. Gugus Supryatno, M. Si, Mengatakan bahwa Kependudukan merupakan hal yang sangat penting dalam BkkbN dan mengenai hal itu, bersama Dinsosp3akb Kabupaten khususnya dibidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) dan Pendidikan Penduduk (Dikduk) terus melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sebagai upaya salah satu bentuk keterlibatan dan kepedulian Pemerintah terhadap masalah Kependudukan sebagaimana telah diamanatkan dalam UU nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Disamping itu, Kadis Dinsosp3akb Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Kabid Dalduk dan KB Drs. H. Hairudin pada saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka meningkatkan dan menambah pengetahuan yang berkaitan dengan masalah Kependudukan. Selanjutnya, berbicara masalah Kependudukan tentu tidak hanya mengenai jumlah penduduk saja, namun mencakup pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas, kesejahteraan, politik, ekonomi, sosial, budaya, agama serta lingkungan. Sedangkan Kependudukan dimaksud disini adalah suatu upaya yang terencana dan berkesinambungan dari Pemerintah untuk mempengaruhi jumlah, komposisi, pertumbuhan, persebaran dan perpindahan penduduk.

Dari hal diatas, Pemerintah terus Berupaya meningkatkan dan memprioritaskan program Nasional yang ditujukan kepada Generasi Muda berupa pembinaan ketahanan Remaja atau Generasi Muda sekaligus menghadapi kesempatan ataupun peluang dalam memanfaatkan bonus demografi. Hal ini dimaksudkan agar Pemerintah dan kita semua berupaya mempersiapkan Generasi Muda kedepan, mengingat : Remaja merupakan calon orang tua yang pada akhirnya mampu membangun keluarga yang berkualitas dan menjadi calon penduduk usia produktif yang menjadi agen perubahan dan pembangunan sumber daya manusia.

Berikut tantangan dan ancaman bagi generasi muda kita sekarang khususnya yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi, adalah: Pertama, Pubertas atau Kematangan seksual semakin dini (faktor internal) seperti, hamil ketika masih sekolah sehingga tidak meneruskan jenjang pendidikannya. Kedua, Aksebilitas terhadap penggunaan media yang mudah serta pengaruh negatif (faktor eksternal) sehingga rentan terhadap prilaku seksual yang beresiko (hamil muda, hamil diluar nikah, hamil tidak diinginkan, infeksi penyakit menular serta tindakan aborsi).

Terkait itu, diharapkan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan sungguh-sungguh, selanjutnya nanti dapat menjadi perpanjangan tangan Pemerintah guna meneruskan informasi-informasi tentang Kependudukan dilingkungan masing-masing baik secara lembaga formal maupun non formal.

Narasumber diantaranya : Dr. Meiran Panggabean, SE, M. Si (Ketua Kependudukan Indonesia Prov.Kalbar) Materi Tentang Pemanfaatan Bonus Demografi Mewujudkan Manusia Unggul Indonesia Maju. Berikut, Drs. Yohanes Suprianto, M. Si, (Ketua Koalisi Kependudukan Kabupaten Sanggau) dengan Materi tentang Kependudukan di Kabupaten Sanggau.

Penulis : Sukardi