Biddokkes Polda Kalbar Cek Kesehatan Jantung dan Donor Darah Bagi Dosen dan Mahasiswa Untan

Biddokkes Polda Kalbar Cek Kesehatan Jantung dan Donor Darah Bagi Dosen dan Mahasiswa Untan



Polda Kalbar, Pontianak  Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH membuka Bakti Kesehatan Biddokkes Polda Kalbar Bersama Civitas Akademika Untan dalam kegiatan pengecekan Kesehatan Jantung dan Donor Darah bagi Dosen dan Mahasiswa, bertempat di gedung Rektorat Fakultas Fisipol Untan, Selasa (15/10/2019).
Nampak hadir tiga ratusan mahasiswa untan dalam mensukseskan Bakti Kesehatan itu. Diawal sambutannya, Kapolda menjelaskan terkait tugas pokok Polri dalam memelihara Kamtibmas, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum.

“Semua tugas kami lakukan secara terukur. Kami bekerjasama dengan Universitas Tanjungpura kita minta lakukan riset survei kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polda Kalbar tahun 2019 oleh beberapa pakar penelitian dan survei yang ada di Untan. Ada empat aspek yang dinilai, yaitu aspek penegakan hukum, harkamtibmas, pelayanan publik, dan aspek kepercayaan masyarakat, “kata Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Dari hasil survei nanti, akan mendapatkan masukan apakah masyarakat puas atau tidak, sehingga akan menjadi fokus Polda Kalbar dalam melakukan perbaikan terhadap layanan polri di tahun 2020.

“Sehingga kami mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap kinerja anggota Polda Kalbar. Apakah masyarakat Kalbar sudah merasakan puas terhadap kinerja kami di bidang penegakan hukum, pemeliharaan kamtibmas, dan layanan publik polisi,” tutur Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.



Beberapa waktu lalu sebagian wilayah indonesia dicemari oleh kabut asap, salah satunya adalah provinsi kalimantan barat, yang mana salah satu dampaknya menurun nya kualitas udara yang menyebabkan timbulnya beberapa penyakit.
“Oleh karena-nya kami telah melaksanakan  beberapa bakti kesehatan seperti ini melalui biddokkes Polda Kalbar melakukan pemeriksaan kesehatan jantung yang bersifat dasar secara gratis kepada masyarakat, seperti halnya saat ini bagi mahasiswa/dosen/staf kampus universitas tanjungpura,” ujar Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Selanjutnya, ia berpesan kepada mahasiswa universitas tanjungpura, agar mari bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan kita dan mengajak jaga kesehatan agar menjadi SDM yang unggul baik secara fisik maupun intelektualitas, serta berpola pikir cerdas. sehingga mampu bersama-sama  dalam membangun provinsi kalimantan barat ke arah yang lebih baik kedepannya.

“Jauhi narkoba karena dampak dari zat adiktif yang terkandung dalam Narkoba akan membuat ketergantungan. Otak yang dipengaruhi dan akhirnya Polisi pasti turun untuk mengatasinya,” ungkap Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor  I Untan Dr Aswandi mengatakan bahwa Polisi saat ini sudah dirasakan kehadirannya di tengah masyarakat.



“Bukan hanya kita saja yang merasakan kehadiran Polisi saat ini, namun masyarakat pun merasakan kehadirannya. Hal ini dikuatkan dari hasil riset dan survai yang sudah kami lakukan sehingga bukan hanya berupa pendapat dan opini publik, namun melalui hasil riset, kita jadi mengetahui kepuasan publik terhadap kinerja Polda Kalbar,” ujar Dr Aswandi.
Demikian halnya, kami berterima kasih pada Polda Kalbar atas pelaksanaan Bakti Kesehatan Biddokkes Polda Kalbar Bersama Civitas Akademika Untan ini dalam  pengecekan Kesehatan Jantung dan Donor Darah bagi Dosen dan Mahasiswa,” tutupnya.

Sebagai informasi, tutut hadir Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Drs Imam Sugianto, Karo SDM Kombes Pol Dirin, Kabid Dokkes Polda Kalbar Kombes Pol dr. Sucipto,DFM, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Akbp Drg. Sugiato, dan Civitas Akademis Untan.

——

[ Penulis: Kabidhumas / Kepala Urusan Produk Kreatif Multi Media Humas Polda Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Polisi Cucu Safiyudin ]