Rasa Haru Warnai Acara Pisah Sambut Kadis Lingkungan Hidup Sanggau

//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si serta didampingi Wakil Bupati Sanggau, Drs.Yohanes Ontot, M.Si hadir pada acara pisah sambut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau yang lama Ibu Ir.Bashita Ginting dengan pejabat baru Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau yang baru Bapak Ir.Didit Richardi, MT, kegiatan dipusatkan di Taman Sentana, Sanggau,  Senin pagi (7/10/2019) pukul 09.30 WIB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau, Ny.Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Ketua GOW Kabupaten Sanggau, Ny.Yohana Kusbariah Ontot, Ketua DWP Kabupaten Sanggau, Cristiana Sri Kusumastuti, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili dan seluruh staff Dinas Lingkungan Hidup.

Pada kesempatan tersebut Kabid Bidang pertamanan Priyono mengatakan Ibu Ir.Bashita Ginting adalah sosok yang tegas, apa yang diperintahkan adalah sesuai dengan tupoksi.

“Berkah bagi kami yakni mendapat bimbingan dari ibu dan masukan yang diberikan merupakan bekal untuk kami sebagai generasi baru. Pensiun bukanlah sebagai pemutus kita, akan tetapi kami berharap akan bisa tetap terjalin silahturahmi. Mudah-mudahan ilmu yang diberikan kepada kami bisa bermanfaat di kemudian hari,” ucapnya.

Hal yang serupa diucapkan Kabid Kebersihan, Ahmad Jaini menyampaikan selama bersama ibu Bashita Ginting sebagai Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau sudah banyak bimbingan dan contoh yang diberikan.

Kabid Lingkungan Hidup, H.Najmi mengatakan berbicara tentang pimpinan kami yang telah purna tugas, maka ada tiga huruf untuk ibu Bashita Ginting, yaitu BTL yakni: Baik, selaku Kepala Dinas dan rumah tangga; Tegas, sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada, tidak neko-neko serta tidak semena-mena dan Lancar, beliau selalu memberikan kemudahan segala urusan kepada staffnya.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada  ibu atas kerjasamanya selama ini dan pengabdiannya di Dinas Lingkungan Hidup dan selamat datang untuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten sanggau yang baru, yaitu bapak Ir.Didit Richardi, MT. Sekedar informasikan bahwa di Dinas Lingkungan hidup ini ekspektasinya sangat tinggi,” tuturnya.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, Ir. Didit Richardi, MT mengatakan acara ini diluar perkiraan saya, ketika memimpin apel perdana di Dinas Lingkungan Hidup diinformasi bahwa akan dilaksanakan acara pisah sambut.

“Terimakasih atas kerja keras untuk bapak dan ibu yang sudah menyiapkan acara ini. Semoga saya bisa mengemban amanah sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Saya pastikan akan ada perubahan soal lingkungan hidup, karena merupakan hal yang terbaik dalam melakukan perubahan,” kata Kadis LH Didit Richardi.

Cita-cita saya, lanjut dikatakannya, kalau bisa ada alat untuk pengukur kualitas udara dan sebagai pionirnya di Kantor Bupati Sanggau.

“Karena salahsatu kinerja dari Dinas Lingkungan Hidup, yakni mempunyai pengukur kualitas udara, supaya kita bisa mengukur kualitas udara khususnya di Kabupaten Sanggau ini. Tantangan dari gaya Pak Wakil Bupati, bahwa beliau seorang pimpinan yang bergerak cepat dan bersih dan minimal saya tidak jauh dari langkahnya dan ini merupakan tantangan yang harus saya jawab dan perbaikan jangan sampai tertinggal dari OPD-OPD yang lain,” jelasnya.

Kadis LH, Didit mengucapkan terimakasih kepada ibu Bashita Ginting atas bimbingannya selama di Dinas Lingkungan Hidup dan selamat jalan serta selamat  menjalani masa pensiunnya.

Lebih lanjut, mantan Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau, Ir.Bashita Ginting mengatakan mulai mengabdi sebagai Kadis Lingkungan Hidup mulai dari 1 Januari 2017.

“Saya mungkin termasuk Kadis yang cerewet, tapi saya tahu diri juga dan memiliki tujuan untuk ketegasan dan kemandirian. Saya juga bangga bahwa anak honor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau bisa masuk menjadi anggota Kepolisian dan ini juga merupakan buah dari apa yang saya perbuat untuk mereka. Saya mohon maaf kepada bapak-bapak dan teman-teman dilapangan, bukan saya cerewet, akan tetapi demi untuk kebaikan kerjaan kita semuanya,” ucap Bashita Ginting.

Kembali dikatakan Ibu Bashita Ginting, tujuan saya bukan mencereweti bapak dan ibu sekalian, akan tetapi saya ingin menunjukan kepada kita semua bekerjalah sesuai dengan tugas dan fungsi kita.Andaikan sebagai penyapu misalnya, jadilah penyapu dengan sebaik mungkin,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan yang namanya kerja seperti ini dimana masa-masa purna bakti merupakan hal yang akan kita alami.

“Pola pemimpin bermacam-macam, jadi kalian harus bisa paham. Saya atas nama pribadi, Pemerintah mengucapkan terimakasih kepada Ibu Bashita Ginting, saya tau beliau betul-betul dengan hatinya menjadi Kadis Lingkungan Hidup,” ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Bupati dua periode ini mengatakan, senang bagaimana dengan pandangan pertama orang datang ke Sanggau, bahwa Sanggau masih paling bersih dari wilayah yang lain.

“Terkait soal kebersihan, yakni bagaimana mendorong orang lain (masyarakat) ikut terlibat. Sehingga menjadi tantangan bagaimana kita sudah tidak lagi menyapu atau menebas rumput di depan rumah orang (masyarakat), artinya bagimana kita bisa mengajak masyarakat untu bisa menjaga lingkungannya, sehingga bisa membantu para petugas kebersihan kita,” tegasnya.

Lanjut dikatakan Bupati, Paolus Hadi semoga apa yang baik dari Ibu Bashita untuk bisa digunakan oleh pak Didit selaku Kadis Lingkungan Hidup yang baru.

“Terkait kebersihan, bahwa para petugas sudah bagus, hanya saja bagaimana kedepan untuk bisa memikirkan dan membuat model baru dari taman kota Sanggau tersebut, maka ilmu itu ada di pak Didit selaku Kadis Lingkungan Hidup yang baru,” katanya.

Bupati, Paolus Hadi juga berharap Dinas Lingkungan Hidup ini betul-betul bisa tunjukkan terkait visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sanggau soal kebersihan lingkungan di Kabupaten Sanggau.

Penyerahan memori jabatan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang lama dari Ibu Bashita Ginting kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang baru Bapak Ir. Didit Richardi, MT.

Pemberian cenderamata kepada Ibu Bashita Ginting.

Penulis : Alfian