Siswa MINT 1 Sanggau Wakili Kalbar dalam Kompetisi Sains Tingkat Nasional

Siswa MINT 1 Sanggau Wakili Kalbar dalam Kompetisi Sains Tingkat Nasional


Makal Ikrama Wardana Putra didampingi para guru MINT 1 Sanggau–ist

eQuator.co.id – Sanggau-RK. Madrasah Ibtidaiyah Negeri Teladan (MINT) 1 Sanggau seperti tak pernah kehabisan talenta.  Salah satu siswanya, Makal Ikrama Wardana Putra terpilih ikut mewakili Kalbar mengikuti Kompetisi Sain Madrasah (KSM) tingkat Nasional di Manado 16-20 september 2019.

“Sebelum melengang ke tingkat nasional, siswa kami ini mengikuti dari tingkat sekolah dulu dan terpilihlah dua orang untuk tingkat kabupaten dan berhasil sebagai juara 1 dan 2 sehingga mereka berdua mewakili MIN untuk tingkat provinsi,” ujar Guru Pembimbingnya Saidi Raden Mahmud, Minggu (15/9).

Ia mengungkapkan, sebelumnya Kabupaten Sanggau pada 14-15 Agustus 2019 mengutus tiga orang ikut Kompetensi Sains Madsarah 2019 tingkat Provinsi Kalbar. Dua di antaranya adalah siswa MINT 1 Sanggau, yaitu: Makal Ikrama Wardana Putra dan Adedia Syah Luhur Dicanang.

“Waktu itu yang ikut tingkat provinsi dari MINT 1 Sanggau dua orang, karena yang diambil hanya juara satu jadi yang ketingkat Nasionalnya hanya Makal Ikrama,” terangnya.

Saidi mengaku selama sekitar tiga bulan menggembleng siswa secara tenis dengan memanfaatkan waktu sore hari termasuk hari libur Jumat dan Sabtu.

“Proses bimbingan dilakukan kurang lebih dua jam dengan cara  latihan. Itupun saya lakukan dengan materi IPA SMP dan SMA dengan mengintegrasikan dengan pelajaran agama. Dalam melatih biasanya saya selalu berkoordinasi dengan kedua orangtua. Alhamdulillah mereka sangat mendukung,” ujarnya.

Metode tes dalam kegiatan KSM juga bukan ‘kaleng-kaleng’. Menggunakan sistem komputer atau CBT secara online dan dilakukan serentak seluru indonesia. Hasilnya sudah dapat dilihat langsung dari siswa yang ikut lomba.

“Ini seseuai dengan semboyan madrasah hebat bermartabat dan salah satu tujuanya adalah untuk menghindari kecurangan,” katanya.

Untuk ke tingkat nasional, Makal Ikrama akan bergabung dengan tim dari Kalbar. Total ada 17 siswa dan siswi mulai dari tingkatan MIN,MTS dan MAN.

“Insyaallah siang ini kami berangkat ke Manado bersama rombongan Kalbar. Mohon doanya supaya kita berhasil di tingkat nasional,” pintanya.

 

Laporan: Kiram Akbar