Categories: Tribun Pontianak

Siswa MIN Teladan 1 Sanggau Wakili Kalbar di Kompetisi Sains Tingkat Nasional di Manado



Siswa MIN Teladan 1 Sanggau Makal Ikrama Wardana Putra Wakili Kalbar di Kompetisi Sains Tingkat Nasional

SANGGAU – Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Teladan (MINT) 1 Sanggau, Makal Ikrama Wardana Putra terpilih untuk mewakili Kalbar mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional di Manado dari tanggal 16-20 September 2019.

“Sebelum ke tingkat nasional, siswa kami ini mengikuti dari tingkat sekolah dulu dan terpilihlah dua orang untuk tingkat kabupaten dan berhasil sebagai juara 1 dan 2 sehingga mereka berdua mewakili MIN untuk tingkat provinsi,”kata Guru Pembimbingnya, Saidi Raden Mahmud, Minggu (15/9/2019).

Sebelumnya Kabupaten Sanggau pada 14-15 Agustus 2019 mengutus tiga orang ikut Kompetensi Sains Madsarah 2019 tingkat Provinsi Kalbar.

Dua di antaranya adalah siswa MINT 1 Sanggau, Makal Ikrama Wardana Putra dan Adedia Syah Luhur Dicanang. 

Baca: Aksi Perlindungan Konsumen Digelar di Sanggau, Masyarakat Diminta Teliti Saat Beli Produk

Baca: Dishangpang Hortikan Akui Konsumsi Ikan di Sanggau Cenderung Naik

“Waktu itu yang ikut tingkat provinsi dari MINT 1 Sanggau dua orang, karena yang diambil hanya juara satu jadi yang ketingkat Nasionalnya hanya Makal Ikrama,”ujarnya.

Proses bimbingan yang dilakukan, lanjutnya, kurang lebih dua jam dengan cara latihan. “Itupun saya lakukan dengan materi IPA SMP dan SMA dengan mengintegrasikan dengan pelajaran agama. Dalam melatih biasanya saya selalu berkoordinasi dengan kedua orangtua. Alhamdulillah mereka sangat mendukung,”jelasnya.

Dikakatanya, Metode tes dalam kegiatan KSM juga Menggunakan sistem komputer atau CBT secara online dan dilakukan serentak seluru indonesia. 

Baca: Jelang Pelantikan Anggota DPRD Sanggau Periode 2019-2024, Ini Persiapan Pemkab

Baca: Gelar Sidang PPL, BPN Siap Sertifikasi 11.300 Bidang Tanah di Sanggau

“Hasilnya sudah dapat dilihat langsung dari siswa yang ikut lomba. Ini seseuai dengan semboyan madrasah hebat bermartabat dan salah satu tujuanya adalah untuk menghindari kecurangan,”tegasnya.

Untuk ke tingkat nasional, Makal Ikrama akan bergabung dengan tim dari Kalbar.

Totalnya ada 17 siswa dan siswi mulai dari tingkatan MIN,MTS dan MAN.

“Insyaallah siang ini kami berangkat ke Manado bersama rombongan Kalbar. Mohon doanya supaya kita berhasil di tingkat nasional,”pungkasnya. 

Update berita pilihan tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak  




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

12 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

12 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

12 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu