Resmikan RSUD Temenggung Gergaji, Bupati Minta Para Medis Layani Masyarakat Dengan Baik, Ramah dan Senyuman

SANGGAU, Selamat dan sukses atas peresmian “RSUD Temenggung Gergaji” Balai Karangan Kecamatan Sekayam oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M. Si, Kamis (5/9/2019) tepatnya pada pukul 10.00 wib.

Dengan diresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Temenggung Gergaji tersebut maka resmi pulalah penggunaannya dalam pelayanan kesehatan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kejari Sanggau, Dandim 1204 Sanggau, Perwakilan dari Polres Sanggau, Beberapa Anggota DPRD Kab. Sanggau, Para Kepala OPD, Ketua GOW, DWP dan TP PKK Kabupaten, Camat Sekayam, Camat Kembayan, Camat Beduai, Camat Noyan dan Camat Entikong, Polsek, Danramil, PKK Kecamatan, beberapa Kades di Wilayah perbatasan, Para Dokter, Para Medis, Perawat, Bidan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Jones Siagian,M. Qih selaku Ketua Panitia
melaporkan bahwa sebagaimana harapan Pemerintah Kabupaten Sanggau adalah mewujudkan Sanggau Maju dan Terdepan atau Sanggau Mapan. Untuk itu, agar Sanggau Mapan dapat terwujud maka ada 7 tolak ukur keberhasilannya, salah satunya adalah Sanggau Sehat.

Sanggau Sehat bukan berarti tidak ada lagi orang yang sakit tapi Sanggau Sehat dapat kita artikan sebagai meningkatnya Angka Usia Harapan Hidup (AUHH) masyarakat, pada tahun 2013 AUHH masyarakat Sanggau adalah 68,6 tahun dan pada tahun 2019 menjadi 72 tahun, jadi dari tahun ketahun AUHH masyarakat semakin meningkat.

Selanjutnya dalam mewujudkan Sanggau Sehat, upaya kesehatan masyarakat melalui Puskesmas dan jaringannya serta upaya kesehatan perorangan melalui Rumah Sakit sebagai pelayanan rujukan tindak lanjut dari Puskesmas terus di bangun-kembangkan sebagai upaya pemerataan pelayanan kesehatan yang sedekat mungkin dengan masyarakat sebagai penerima manfaat. Periode 2014-2019, citra itu sudah banyak berubah, dari 19 Puskesmas yang ada, 14 Puskesmas 74 Persen sudah Terakreditasi dan 5 Puskesmas sisanya akan diselesaikan pada tahun 2019.

Hasil survei dilaksanakan pada bulan Juni yang lalu menunjukkan hasil bahwa 86 persen masyarakat yang datang ke puskesmas merasa puas dan sangat puas. Kemudian pembangunan RSUD Temenggung Gergaji menelan biaya keseluruhan sebesar 45 milyar diantaranya 26 milyar fisik bangunan dan 19 milyar utk fasilitas penunjang dll.

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya bersama Wakil Bupati serius untuk mengurus Sanggau, terkait masalah kesehatan masyarakat Pemerintah Daerah dalam hal ini terus berupaya mewujudkan program Sanggau Sehat bisa berjalan dengan baik. Kemudian dengan hadirnya RSUD Temenggung Gergaji ini tentu sebagai rujukan Puskesmas khususnya untuk wilayah perbatasan dan harapan kita bersama agar masyarakat tahun ke tahun Angka Usia Harapan Hidup(AUHH) semakin meningkat.

Berikut meskipun RSUD ini masih Tipe D namun kita terus berupaya, berusaha dan bersemangat agar kedepan Tipe Kelas Rumah Sakit dapat kita tingkatkan supaya naik kelasnya. Untuk itu, selamat menggunakan bangun tersebut dan manfaatkan sesuai fungsinya, mari layani masyarakat dengan baik, ramah dan senyum serta bersahabat sehingga masyarakat merasa puas dengan layanan yang diberikan, yang sakit cepat sembuh, yang konsultasi mengenai kesehatan bersemangat dan program Sanggau Sehat dapat kita wujudkan.

Berikut kepada seluruh masyarakat Sanggau pada umumnya dan masyarakat perbatasan secara khusunya dihimbau apabila ada petugas (Dokter Hewan) ataupun Tim lainnya yang menangani masalah kesehatan hewan, diharapkan agar masyarakat mau hewan peliharaannya tersebut di vaksin oleh petugas yang menangani sebab sejauh ini sudah 5 orang yang sudah meninggal disebabkan terkena gigitan oleh hewan (anjing) rabies.

Usai memberikan sambutan, Bupati Sanggau melanjutkan dengan penyerahan tali asih kepada salah satu keturunan Temenggung Gergaji, kemudian Penandatangan Prasasti, Pengguntingan Pita di pintu masuk Ruang IGD serta melakukan peninjauan terhadap bangunan RSUD.

Penulis : Sukardi