//IZAR-DISKOMINFO SANGGAU//
Ribuan warga Kota Pontianak berkumpul di parkiran A. Yani Megmal, namun bukan untuk berbelanja di pusat perbelanjaan di Kota Pontianak tersebut, melainkan para warga sedang berkunjung ke Festival akbar durian khatulistiwa 2019 yang baru saja resmi dibuka oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji, S.H., M.Hum, sabtu 24 Agustus 2019, pukul 14:00 wib. Hadir pada kegiatan tersebut Wagub Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc, Ketua DPRD Prov Kalbar, Kapolda Kalbar Irjen. Pol. Drs. Didi Haryono, S.H., M.H., Ketua TP-PKK Prov Kalbar, Bupati dan Walikota se-Kalbar.
Masyarakat Kota Pontianak begitu antusias datang ke Festival King Of Fruit itu. Ya hal tersebut dibenarkan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI yang mengatakan di luar negeri menyebut durian adalah King Of fruit.


“Buah durian ini sangat luar biasa, begitu fenomenal orang Eropa mengatakan durian itu sebagai King of Fruit, Smells like hell taste like heaven. Kalimantan Barat ini adalah salah satu sentra durian nasional yang memiliki varietas-varietas unggul dan juga untuk diketahui bahwa bapak ibu semua ada satu lagi buah-buah dari Kalimantan Barat yang menjadi cirihas yaitu manggis. Durian itu dikenal sebagai King of fruit kalau manggis itu dikenal sebagai Queen of fruit pada musim yang bersamaan biasanya durian dan manggis itu tumbuh bersama. Kementrian Pertanian memiliki komitmen dalam upaya meningkatkan produktivitas dan mutu buah, upaya tersebut dilakukan melalui program penataan sentra produksi menjadi kawasan dalam skala komersial yang terintegrasi dengan pasar.” Ujarnya
Dalam sambutannya, Sutarmidji berharap buah durian kalimantan barat ini dapat di distribusi ke luar daerah kalimantan, namun kendala saat ini adalah belum ada cara untuk mengirim buah-buah tersebut.


“Kalimantan barat sangat terkenal banyak sekali varietas unggul buah durian, harapan saya kita bisa membantu para petani-petani durian dengan menaikkan harga buah durian ini 2 hingga 4x lipat dari tahun ini. Kita harus berani, karena buah durian di kalimantan barat ini mempunyai cirihas dari rasanya. Kemudian saya ingatkan kepada para petani jangan mau menjual batang/pohon durian dengan negara tetangga, karena mereka bisa saja melakukan cangkok atau persilangan, sehingga mereka bisa membuat varietas baru yang padahal aslinya itu dari kalimantan. Kita juga sebenarnya ingin sekali durian2 disini bisa d pasarkan di luar pulau kalimantan, tapi yang jadi kendala saat ini untuk membawanya kesana, kita ketahui saat ini maskapai penerbangan belum ada yang mengizinkan membawa buah durian, nah ini pak dirjen saya butuh bantuan nya bagaimana mencari solusi dari msalah ini.”
Selanjutnya Gubernur Kalbar memberikan Penghargaan kepada Bupati Sanggau dan Kanius Ne’en pemilik pohon durian serombut Kec. Sekayam Kab. Sanggau. Durian serombut dikenal dengan varietas durian unggul terbaik di Balaikarangan Kec. Sekayam Kab. Sanggau yang kabarnya saat ini hanya menyisakan satu pohon saja.


Penulis: Izar