Bupati Sanggau minta kurangi sampah plastik

Bupati Sanggau minta kurangi sampah plastik


Sanggau (ANTARA) – Bupati Sanggau Paolus Hadi meminta semua elemen yang ada di Kabupaten Sanggau untuk mengurangi sampah plastik.

“Pemkab Sanggau telah melakukan pencanangan Gerakan Penggunaan Kemasan Botol Air Munuman Isi Ulang (Tumbler) yang di prakarsai oleh Tim Penggerak PKK  Sanggau bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau,” ungkapnya saat dilaksanakannya kegiatan kampanye pengurangan sampah plastik dan kampanye pelestarian hewan Kukang di halaman Kantor Bupati Sanggau, Jumat (23/8/2019).

Ditambahkan, gerakan penggunaan Tubler ini diharapkan mampu mengurangi penggunaan air mineral kemasan sekali pakai sehingga dapat mengurangi sampah plastik.

“Kita sepakat mulai hari ini Kabupaten Sanggau kurangi penggunaan botol plastik.
Dan tidak melakukan pemburuan liar terhadap satwa Kukang demi Kelestarian Alam,” tegasnya.

Saat itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi membagikan secara simbolis tumbler kepada siswa pelajar kemudian mengisinya dengan air minum.

Hadir saat itu, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot unsur Forkopimba Sanggau,Kepala OPD Sanggau serta Siswa kota Sanggau.

Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian dalam memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2019, bertepatan pada tanggal 10 Agustus, yang digerakkan oleh Yayasan Titian Lestari dengan tema “Spirit Konservasi Alam Milenial”.

Konservasi alam dapat diartikan sebagai suatu pengelolaan terhadap alam dan lingkungan hidup secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman hayati dan nilainya.

Tujuan HKAN ini adalah untuk memberikan edukasi dan peran aktif masyarakat dalam menyelamatkan ekosistem alam. Adapun dua kegiatan yang disematkan dalam memperingati HKAN tersebut adalah Kampanye Pengurangan Sampah Plastik dan Perlindungan Satwa Kukang.