Indomaret Gandeng Pemkab Sanggau Gelar Seminar UMKM

Indomaret Gandeng Pemkab Sanggau Gelar Seminar UMKM



Indomaret Gandeng Pemkab Sanggau Gelar Seminar UMKM

SANGGAU – PT Indomarco Primastama atau biasa dikenal dengan sebutan Indomaret berkerjasana dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkop dan UM) Sanggau menggelar seminar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Aula Kantor Bupati Sanggau, Selasa (6/8/2019). Kegiatan diikuti sekitar 50 peserta.

Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Ignatius Irianto mengapresiasi kepada Indomaret yang sudah memfasilitasi seminar UMKM di Kabupaten Sanggau.

“Tentunya kita berharap dengan kreatifitas dan inovasi UMKM kita bisa masuk dan bermitra dengan Indomaret, sehingga pada akhirnya pemasaran dan tentunya juga memperkenalkan produk daerah kita. Sehingga, kesejahteraan UMKM, pelaku usaha ini bisa meningkat, “katanya, Selasa (6/8/2019).

Baca: FOTO: Rapat Paripurna DPRD Kalbar ke-36

Baca: Polsek dan Relawan Pemadam Kebakaran Menjalin Koordinasi Cegah Karhutla

Baca: Kabut Asap Landa dan Kubu Raya, Plt OIC: Jarak Pandang di Bandara Supadio Masih Aman

Untuk itulah, lanjutnya, kedepan akan dilakukan MoU dengan Indomaret. Dan kita juga sudah mempunyai produk-produk yang siap dipasarkan dan mudan-mudanan Indomaret bisa menilai, dan memproses sehingga layak untuk dipasarkan di Indomaret. “Seperti makanan, kuliner, jajanan pasar, kerajinan dan sandal, “katanya.

Sementara itu, Deputy Manager Cabang Pontianak PT Indomarco Primastama, Slamet Riyanto menyampaikan, dengan adanya seminar ini sekaligus kita mengandeng dari UMKM yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Sesuai dengan tema kita, meningkatkan daya saing UMKM melalui inovasi dan kreatifitas. Jadi memang untuk awal ini kita mencoba untuk menggandeng UMKM, supaya dari hasil UMKM nya bisa kita coba pasarkan bermitra dengan Indomaret,” katanya.

Dengan harapan, apa yang dihasilkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi UMKM. Dikatakanya, pihaknya akan mencoba terlebih dahulu beberapa produk yang kira-kira berpotensi dan sudah kita siapkan desain maupun ruang khusus untuk UMKM dalam bentuk jajanan pasar maupun prodak lokal.

“Untuk saat ini sedang kita jajakin dulu untuk item-itemnya. Nanti tentunya kita juga akan melihat cara packingnya supaya bersama kita nanti apa yang kita harapkan bisa lebih maju UMKM nya, “tuturnya.

Dikatakanya, untuk kapasitas UMKM ini mengirim juga terbatas. “Sementara ini kita mulai dengan satu, toko, dua toko. Jika memang sudah tumbuh besar, nanti akan kita bicarakan lebih lanjut,”ujarnya.

Terkait MoU secara khusus memang belum ada, akan tetapi akan kita wacanakan. Hadir juga Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau Arita Apolina, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Sanggau Yohana Kusbariah, dan Kepala Disperindagkop dan UM Kabupaten Sanggau Syarif Ibnu Marwan, UMKM dan undangan lainya.