Categories: Dinsosp3akb

90 Unit Rumah Tak Layak Huni di Sanggau Diusulkan Direhab Tahun 2020


Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AKB) Kabupaten Sanggau mengusulkan perbaikan 90 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di APBD 2020. Selain itu, usulan paket stimulan bahan bangunan juga diusulkan ke Kementerian Sosial (Kemensos).

“RTLH tahun 2020 kita usulkan 90 unit dari APBD. Dan kita juga mengusulkan 46 paket stimulan bahan bangunan senilai Rp9 juta ke Kemensos,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau, Aloysius Yanto, Jumat (2/8).

Pemda juga kembali akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk lanjut usia (lansia) dan disabilitas di tahun 2020. “Usulan bansos lansia dan disabilitas tahun 2020 sama seperti penerima bansos tersebut tahun ini, yakni 284 untuk lansia dan 350 untuk disabilitas,” terang Yanto.

Ia mengungkapkan, selama 2018-2019, Kabupaten Sanggau tidak mendapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Kemensos. “Tapi kita dapat bantuan Penerima Bantuan Iuran (PBI) dari Kemensos sebanyak 65.982 orang,” ungkap Yanto.

Sedangkan untuk program perlindungan sosial dari Kemensos lainnya, Yanto mengatakan, berupa Program Keluarga Harapan, sedikitnya 7.613 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memperoleh bantuan tersebut.

“Unsur Program Keluarga Harapan terdiri dari ibu hamil, anak usia sekolah, disabilitas, lansia, KIP, KIS,” katanya.

Untuk beras sejahtera (Rastra) sebanyak 10.643 penerima. “Setiap tahun ada kenaikan. Jika ada yang belum masuk, maka ada pemuktahiran data setiap tahun. Diusulkan ke Mensos melalui aplikasi SIKNG Pusat Data Terpadu Kemensos,” ujarnya.

Ditegaskannya, masyarakat yang berhak menerima bantuan tersebut adalah fakir miskin dan orang tidak mampu. Ada 14 kriteria orang miskin, diantaranya luas rumahnya 4 meter persegi dan tidak punya WC, makan kenyang hanya 1 hari sekali, bisa makan daging seminggu sekali dan banyak kriteria lainnya.

“Di Kabupaten Sanggau warga miskin berjumlah 21.590 orang atau 4,6 persen,” pungkasnya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

9 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di sosial media TikTok yang menunjukkan tangkapan layar berita CNN Indonesia yang memberitakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Terlihat dalam tangkapan layar tersebut Anwar…

9 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] NASA Berencana Semprotkan Partikel Es ke Atmosfer untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa The National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau yang dikenal sebagai Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat akan menyemprotkan 2 ton partikel es di…

9 jam lalu