Wabup Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si Meresmikan Proyek Infrastruktur Desa se-Kecamatan Tayan Hilir

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si meresmikan proyek infrastruktur desa se-Kecamatan Tayan Hilir dan sekaligus mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat, yang di pusatkan di halaman Kantor Camat Tayan Hilir, Senin pagi (29/7/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Kasat Pol-PP Kabupaten Sanggau, Victorianus, Camat Tayan Hilir, Tony Kulung, S.Sos, Forkompimcam, Jenderal Manager PT.Antam, Anas, Ketua GOW Kabupaten Sanggau, Ny.Yohana Kusbariah Ontot sekaligus selaku Ketua Forikan, perwakilan TP-PKK, perwakilan GOW, Kades se-Kecamatan Tayan Hilir dan para tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut Ketua Forikan Kabupaten Sanggau, Yohana Kusbariah Ontot mengkampanyekan bahwa pentingnya konsumsi ikan.

“Mari kita gemar mengkonsumsi ikan, karena ikan banyak mengandung protein dan tidak ada pengaruhnya sama sekali,” ajak Ketua Forikan Kusbariah Ontot.

Dikatakannya, ikan selain digoreng dan dimasak berkuah tentu banyak cara dalam mengolahnya, seperti misalnya dibuatkan nuget.

“Bagaimana supaya anak-anak kita mau makan ikan. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus bisa mengolah ikan dengan sedemikian rupa, misalnya dibuatkan nuget, sehingga anak-anak menjadi tertarik untuk memakannya,” jelasnya.

“Mari kita gemar makan ikan dan kurangi makan daging. Mudah-mudahan di Kecamatan Tayan Hilir ini banyak yang mengkonsumsi makan ikan,” Harapnya.

Lebih lanjut, Camat Tayan Hilir, Tony Kulung serta didampingi para Kades menyampaikan bahwa pembangunan desa merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan anggaran keuangan yang diberikan pemerintah kepada desa, yang mana sumbernya berasal dari bagi hasil pajak daerah serta dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh kabupaten.

“Para Kades ini adalah orang-orang yang tangguh dan dapat mengelola keuangan desanya dengan baik. Kami selaku dari pihak kecamatan terus memberikan pendampingan dan pengawasan kepada mereka dan puji Tuhan mereka bisa melaksanakan sesuai dengan tugasnya,” jelas Camat Tayan Hilir Tony Kulung.

Lanjut dikatakannya, pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan dari CSR PT.Antam berupa bus sekolah dan beasiswa calon mahasiswa Polnep Sanggau.

“Pada kesempatan ini juga CSR dari PT.Antam menyerahkan bantuan berupa 2 unit bus sekolah dan 22 beasiswa calon mahasiswa Polnep Sanggau. Dalam rangka untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu Sanggau pintar,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wabup Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan terkait infrastruktur yang sudah selesai dan sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, untuk bisa keikutsertaan masyarakat dalam menjaga dan memelihara untuk membantu pemerintah.

“Hari ini tentu banyak hal yang sudah kita dengar dan Pemerintah Kabupaten Sanggau sangat mengapresiasi kepada perusahaan PT.Antam yang sudah mendukung penuh yang menjadi visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sanggau yaitu mewujudkan Sanggau pintar. Pada hari ini akan diserahkan langsung fasilitas untuk anak-anak sekolah dari CSR PT.Antam khususnya daerah Tayan Hilir,” Jelas Wabup Sanggau Yohanes Ontot.

Wabup Sanggau, Yohanes Ontot berharap bukan hanya perusahan PT.Antam yang ikut berkontribusi dalam hal dunia pendidikan maupun program Pemerintah lainnya, namun diharapkan perusahaan-perusahaan yang lain juga bisa ikut memberikan perhatian kepada masyarakat.

“Saya kira para Camat dan kades harus intens dalam melakukan komunikasi yang baik kepada pimpinan perusahaan. Sehingga bisa membantu dan berkontribusi di daerah yang kita cintai ini,” Ujarnya.

Lanjut dikatakannya, terkait kampanye gemar makan ikan, yang mana ikan merupakan sumber protein yang tinggi dan tidak berbahaya untuk kita.

“Ikan baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak kita. Apalagi dalam masa-masa pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Menyikapi hal tersebut, mari kita perbanyak konsumsi ikan dan disisi lain juga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat yang mata pencahariannya nelayan dan membudidaya ikan, ” jelasnya.

“Kedepan kita bersama-sama menjaga dan merawat sungai kita, supaya tidak tercemar,” tegasnya.

Terkait infrastruktur, Yohanes Ontot mengucapkan terimaksih kepada masyarakat, Pemerintahan Kecamatan dan Pemerintahan Desa. Pada hari ini sudah diresmikan bagian dari kegiatan desa, yakni program fisik pembangunan desa. Diharapkan pembangunan tersebut bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga dapat terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Penandatanganan dan penyerahan prasasti peresmian proyek infrastruktur desa se-Kecamatan Tayan Hilir oleh Wakil Bupati Sanggau.

Penyerahan 2 unit Bus Sekolah dan 22 beasiswa untuk calon mahasiswa Polnep Sanggau, yang merupakan Program CSR Antam kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk mendukung Sanggau Pintar.

Penulis : Alfian