Kemenkominfo Sosialisasi TV Digital di Pontianak

//DISKOMINFO-SGU//

Sosialisasi Televisi Digital melalui talk show dengan tema “Indonesia Goes To Digital,  kegiatan tersebut di selenggara oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Direktorat Penyiaran, bekerjama dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID)  Propinsi Kalimantan Barat,  yang di laksanakan di Hotel Aston Pontianak.

Di hadiri oleh Kadis Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat Ir. Sukaliman,  Kepala KPID Propinsi Kalimantan Barat M. S.  Budi, Kepala Stasiun LPP TVRI Kalbar,  Kepala Stasiun LPP RRI Kalbar, Kepala Balai Monitoring Kelas II Pontianak,  SMK TV,  Dirjen PPI / Direktur Penyiaran, Kementerian Komunikasi dan Informatika,  Kompas TV,  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Prop Kalbar,  Tokoh Masyarakat (MUI dan DAD),  serta perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Pontianak.

Acara di awali dengan kata sambutan sekaligus membuka acara tersebut dari Pemerintah Prov dalam hal ini di wakili oleh Kadis Kominfo Propinsi Kalimantan Barat Ir. Sukaliman. Dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa peluang untuk membangun suatu lembaga penyiaran khususnya radio dan tv telah berkembang dg pesat. Adapun data dari Diskominfo dari 2031 desa baru 300 desa yg blm memiliki infrastruktur TIK,  88 titik tower yg telah di bangun.  Kebijakan gubernur seturut nawacita presiden adalah membangun daerah dari pinggiran. Mengharapkan dari 2031 desa untuk menjadi desa mandiri,  dg di dukung infrastruktur desa berupa sinyal atau jaringan internet. Mengharapkan pemerintah pusat dan provider bisa bekerjasama khususnya perkembangan TIK di kawasan perbatasan dg penyebaran informasi melalui media elektronik, agar bisa berkembang dengan baik.

Sambutan dari Dirjen PPI  menyampaikan potensi untuk kerja di era digital dengan invidual dan kreativitas merupakan potensi di masa mendatang. Visi Indonesia ada 4 yaitu infrastruktur, SDM, Investasi, dan reformasi birokrasi. Infrastruktur dari kementrian kominfo ada 3 yg utama yaitu Broadband, Palapa Ring,  dan satelit Mutlfungsi. Tujuan digitalisasi penyiaran adalah lebih memudahkan dan efisien, khususnya menghadirkan konten2 yg berkontribusi dan berkualitas.

Adapun maksud dari kegiatan sosialisasi ini mengenai penyiaran digital untuk mendorong percepatan migrasi dari penyiaran analog menjadi digital lebih cepat,  agar masyarakat dapat mengetahui kelebihan televisi digital dan menikmati siaran digital secepatnya. Harapan dari Pemerintah Propinsi Kalbar menghimbau semuat stakeholder terkait untuk dapat mendukung program percepatan digitalisasi penyiaran.

Selain itu dlm sosialisasi tersebut juga di gelar Talk Show dg tema Indonesia Goes to digital dan tanya jawab dengan narasumber Sukamto, ST,  M. Sc, Kepala Subdit Penyiaran Kominfo, M. S.  Budi Kepala KPID Prop Kalbar,  Deddy Risnanto, SH, Vice GM Corparate Secretary Kompas TV, dan Dr. Netty Herawati, Akademisi Ilmu Komunikasi FISIP Univ Tanjung Pura Pontianak.