BPBD Sanggau Bentuk Kelompok Masyarakat Peduli Bencana

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau menggelar fasilitasi pembentukan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Peduli Bencana Angkatan III, yang berlangsung selama empat hari, dimulai dari tanggal 16 Juli hingga 19 Juli 2019 mendatang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Vicky Ludovicus, yang dipusatkan di Aula Hotel Grand Narita Sanggau, Rabu (17/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya perwakilan BPBD Provinsi Kalbar, Basarnas Pontianak, Instruksi dari Provinsi Kalbar dan peserta yang merupakan kelompok masyarakat peduli bencana yang berasal dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Sekayam dan Entikong.

Pada kesempatan tersebut ketua panitia pelaksana, Rakhmad Mulyadi menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dalam penanganan bencana di masyarakat. Oleh karenanya, Ia berharap kegiatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh peserta.

Lebih lanjut, sebelum dibuka secara resmi kegiatan fasilitasi pembentukan kelompok masyarakat peduli bencana, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Vicky Ludovicus menyampaikan berdasarkan RPJMD Pemerintah Kabupaten Sanggau, ditargetkan bahwa dibentuknya 20 Pokmas ini hingga akhir masa jabatan Kepala Daerah sekarang, yakni Tahun 2024. Oleh karena itu, Ia mengingatkan kepada seluruh peserta untuk fokus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

“Berpesan kepada seluruh peserta, ketika nantinya sudah kembali ke daerahnya masing-masing, agar bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat, terutama dalam hal pencegahan bencana di masyarakat,” pesan Vicky Ludovicus Kepala BPBD Sanggau.

Dikatakannya, ada dua Kecamatan yang mengikuti dalam kegiatan ini, yakni Kecamatan Sekayam dan Entikong, dengan jumlah peserta setiap Pokmas sebanyak 40 orang.