Categories: Tribun Pontianak

Musim Kemarau Tiba, Polsek Entikong Siaga Karhutla



Musim Kemarau Tiba, Polsek Entikong Siaga Karhutla

 SANGGAU – Polsek Entikong bersama Koramil dan Pihak Kecamatan Kecamatan Entikong menguatkan sinergi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Patroli bersama dan simulasi penanganan lahan terbakar dilakukan sebagai langkah pencegahan.

“Hutan dan lahan terbakar di Entikong sejauh ini belum kami temukan, mudah-mudahan tidak ada. Walaupun nanti ada lahan yang terbakar, kami dari unsur Polri, TNI bersama Pemerintah Kecamatan siap menanganinya,” kata Waka Polsek Entikong, Iptu Eeng Suwenda melalui rilisnya, Sabtu (13/7/2019).

Ia menjelaskan, memasuki musim kemarau potensi lahan terbakar memang ada. Salah satu pemicunya adalah kebiasaan petani lahan kering membuka ladang baru dengan cara membakar.

Meskipun begitu, lahan yang terbakar tidak luas karena petani sendiri sudah membuat sekat-sekat di ladangnya agar api tidak menjalar. 

Baca: Tekan Stunting, Ini Yang Dilakukan Pemkab Kapuas Hulu

Baca: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca untuk Wilayah Sumatera Utara, Dapat Meluas ke Medan dan Binjai

“Peralatan pemadam kebakaran, Entikong siap diturunkan bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran,”tegasnya.

Dikatakan, Sejak tiga bulan yang lalu dari kepolisian maupun Koramil sudah mengeluarkan imbauan dan terus mengedukasi masyarakat terutama petani.

“Sosialisasikan untuk tidak membuat sumber api saat kemarau. Api sekecil apapun bisa membahayakan, apalagi jika sampai terjadi karhutla,”pungkasnya.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

6 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di sosial media TikTok yang menunjukkan tangkapan layar berita CNN Indonesia yang memberitakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Terlihat dalam tangkapan layar tersebut Anwar…

6 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] NASA Berencana Semprotkan Partikel Es ke Atmosfer untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa The National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau yang dikenal sebagai Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat akan menyemprotkan 2 ton partikel es di…

6 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kadispora Provinsi Kalimantan Tengah – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kalimantan Selatan, Hamka M. Anon. Akun tersebut meminta untuk dikirimkan sejumlah uang ke nomor rekening tertentu. Faktanya, pesan dari akun tersebut…

6 jam lalu