SANGGAU, Demi Suksesnya Seminar Internasional dan Napak Tilas di Desa Tumbang Anoi Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2019. Untuk itu, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau melaksanakan Rapat Persiapan Menjelang Keberangkatan, Kamis (11/7/2019) siang bertempat di lantai 1 kantor Bupati Sanggau.

Rapat dipimipin langsung oleh Ketua DAD yang juga Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot,M.Si, dalam rangka keikutsertaan DAD dan tokoh masyarakat pada seminar internasional dan napak tilas tersebut guna memastikan kesiapan peserta dan kendaraan yang digunakan.

Selanjutnya terkait rute dan perlengkapan serta akomodasi harus difinalkan sehingga nanti tidak mengalami kendala dan benar-benar menikmati perjalanan serta menikmati kegiatan, karena ribuan orang masyarakat dayak dari berbagai daerah, pulau dan negara kumpul di tempat tersebut.

Sekilas tentang Tumbang Anoi, Tumbang Anoi adalah salah satu desa yang berada di kecamatan Damang Batu, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Tumbang Anoi adalah tempat bersejarah bagi perjalanan masyarakat Dayak. Tumbang Anoi menjadi tempat rapat akbar (perjanjian damai) yang dihadiri oleh masyarakat Dayak dari berbagai daerah di pulau Kalimantan termasuk masyarakat Dayak yang ada di Malaysia dan Brunai Darusalam untuk mengakhiri tradisi mengayau (potong kepala) pada tahun 1894.

Ketua Panitia Kecil Sekundus Ritih memaparkan bahwa rapat kali untuk memastikan jumlah peserta yang ikut dan persiapan armada (kendaraan roda empat), kemudian terkait perlengkapan yang harus di persiapan, akomodasi per mobil, perlengkapan medis atau obat-obatan kesehatan, rute perjalanan, biaya mandiri serta lainnya.

Keberangkatan direncanakan pada tanggal 19 juli dan kembali ke Sanggau (sampai di Sanggau) pada tanggal 27 Juli 2019.

Penulis : Sukardi