Sekda Apresiasi Kegiatan Lomba Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar

Sekda Apresiasi Kegiatan Lomba Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar



Sekda Apresiasi Kegiatan Lomba Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar

PONTIANAKLomba bercerita tingkat provinsi untuk SD/MI oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar mendapat apresiasi dari Sekda Kalbar, AL Leysandri.

Untuk diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar juga menggelar lomba perpustakaan umum desa atau kelurahan se-Kalbar, lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA se-Kalbar dan juga lomba pustakawan berprestasi se-Kalbar.

“Ya tentulah Pemda mengapresiasi, karena kegiatan ini sudah menjadi agenda nasional. Bagaimanapun generasi muda kita memang harus tau cerita rakyat, karena setiap cerita legenda yang disusun, dibuat oleh pemerhati literasi, banyak makna, banyak pesan moral, karena itulah yang sebenarnya hilang dimasyarakat didunia penidikan sekarang, karena kita lebih cenderung terlalu banyak ke teknologi,” ujar Sekda Kalbar, AL Leysandri, Kamis (27/6/2019) di Hotel Gajahmada Pontianak.

Mantan Sekda Sanggau ini menilai cerita rakyat penting untuk dilombakan, sehingga cerita rakyat yang pernah tumbuh dan berkembang dimasa lalu bisa di angkat lagi sehingga bisa menambah khasanah budaya orang Kalbar.

“Pemprov dan Pemkab tentu tetap membangun mengembangkan cerita-cerita rakyat karena penting sebagai dasar menjaga integritas moral anak-anak yang akan datang,” kata Al Leysandri

Seperti contoh, lanjut AL Leysandri, nilai tanjak yang dipromosikan Gubernur, tentu punya makna, cerita dan legendanya, memang harus ada keterlibatan daerah, tergantung pemda bersangkutan dan dinas untuk menterjermahkan segala sesuatu yang harus dibangun.

Baca: BREAKING NEWS – Bocah Tenggelam saat Mandi di Sungai Kapuas Akhirnya Ditemukan

Baca: Agroforestry di Kawasan Hutan Lindung Sebangkang di Kecamatan Empanang

“Kita tidak hanya bicara fisik, namun juga bicara lainnya untuk ketahanan negara kedepan,” timpalnya.

Sementara itu, mewakili Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalbar, Drs. Sahroni menerangkan jika kegiatan lomba bercerita diikuti oleh anak-anak usia sekolah dasar termasuk MI tingkat provinsi Kalbar yang sebelumnya sudah diseleksi dari masing-masing kabupaten kota.

Ia mengatakan, setiap tahunnya Kalbar mengirimkan wakil terbaiknya ke lomba bercerita SD/MI tingkat nasional.