Satgas Yonmek 643/Wns Gagalkan Penyeludupan Sabu di Entikong

Satgas Yonmek 643/Wns Gagalkan Penyeludupan Sabu di Entikong


Entikong (radar-kalbar.com)- Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 643 Wana Sakti (Wns) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu, sekitar 8 gram, Seni (24/6/2019).

Untuk mengelabui petugas, barang laknat itu diselipkan di bungkusan rokok dan makanan ringan asal Malaysia.

Narkoba itu diamankan dari HD alias Acong, warga Entikong melalui jalur tikus di sebelah kiri Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau.

“Saag kami patroli tadi pagi di r jalur tikus di sekitar PLBN Entikong. Nah, patroli anggota melihat yang bersangkutan memikul karung. Kemudian diperiksa isi karungnya, ada senjata tajam, rokok, makanan ringan dan susu. Sedangkan sabu ini dikemas plastik dan diselipkan di bungkusan rokok dan makanan,” ungkap Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto.

Pria yang akrab disapa Dwi ini menambahkan dari pemeriksaan awal terhadap Acong, buruh pikul di PLBN Entikong ini sempat menyangkal sabu tersebut miliknya. Dan berdalih, Ia hanya diminta membawa karung tersebut dari pangkalan mobil di Tebedu, Malaysia ke pasar baru Entikong oleh seseorang yang dikenalnya berinisial A.

Di pasar itu, karung berisi sabu tersebut rencananya akan dijemput oleh seseorang yang diutus A. Namun, sebelum sampai ke pasar baru Acong sudah lebih dulu dicokok oleh Satgas Yonmek 643/Wns saat memikul karung berisi sabu di hutan sebelah kiri PLBN Entikong.

“Untuk jasanya membawa satu karung tersebut yang bersangkutan dijanjikan upah Rp100 ribu,” ujarnya.

Sementara itu, HD alias Acong mengaku tidak tahu didalam karung yang dipikulnya terdapat delapan gram sabu.

Menurut Acong, pagi tadi bertemu A di zona netral antara PLBN Entikong dengan Tebedu, Malaysia. A meminta Acong mengambil barang di pangkalan mobil di Tebedu.

“Dia (A) bilang tadi ada satu pikulan, isinya parang sama rokok, ya sudah saya bawa barangnya. Saya tidak tahu isinya barang itu (sabu),” elak Acong.

Atas temuan sabu tersebut, Satgas Yonmek 643/Wns mengintensifkan pemeriksaan di jalur tikus sebelah kiri dan kanan PLBN Entikong.

 

 

 

 

Pewarta : jonathan
Editor : antonius