Penjabat Sekda Sanggau, Dilantik - Radar Kalbar

Penjabat Sekda Sanggau, Dilantik – Radar Kalbar


Sanggau (radar-kalbar.com)-
Bupati Sanggau Paolus Hadi melantik Kukuh Triyatmaka sebagai penjabat sekretaris daerah Kabupaten Sanggau.

Guna mengisi kekosongan kursi Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau pasca ditinggal AL Leysandri yang dilantik menjadi Sekda Provinsi Kalbar.

Kukuh Triyatmaka ini merupakan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sanggau.

Seremoni oelantikan yang digelar di lantai II Kantor Bupati Sanggau.

Dihadiri Wakil Bupati Yohanes Ontot, Sekda Kalbar AL Leysandri, Forkompimda, pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK, Arita Apolina, Ketua GOW Kusbariah Ontot, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan Penjabat Sekda kewenangannya, kewajibannya dan haknya sama dengan Sekda definitif. Dan memang dalam tugas Sekda yang utama adalah bagaimana mengelola kesekretariatan Setda ini.

“Dan tentu juga mengkoordinir seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada untuk perencanaan sampai pengawasan dan evaluasi kegiatan-kegiatan yang dibantu oleh OPD sesuai dengan tugas fungsi mereka,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa PH ini berharap Pj Sekda bisa menyelesaikan banyak hal. Termasuk salah satunya bagaimana memastikan Sekda definitif nanti terencana dengan baik sekira ada open bidding.

“Termasuk open bidding untuk pejabat eselon II yang ada di Kabupaten Sanggau. Dan mudah-mudahan dalam waktu satu tahun terakhir ini seluruh perencanaan yang sudah dibuat melalui APBD bisa dikontrol pelaksanaanya, bisa dimonitor percepatanya dan pengawasanya,”ujarnya.

Selain itu, PH meminta kepada Pj Sekda agar berlakulah bagaimana seorang Sekda. Dan mudah-mudahan bisa lancar. Karena Pj Sekda hanya tiga bulan, dan jika belum ada Sekda definitif otomatis Pj Sekda akan diperpanjang masa jabatanya.

“Kalau menurut aturan bisa pejabat yang lama dan bisa yang baru, “timpalnya.

PH juga menambahkan, disisa waktu 6 bulan ini diharapkan agar tim yang dibentuk sudah bisa mulai berkerja, persoalan anggaran untuk open bidding akan didiskusikan, apakah menurut aturan boleh kita mendahuli anggaran.

“Karena ini memang kita tidak pernah menyangka kalau Sekda kita akhirnya terpilih di Provinsi sehingga kita tak menganggarkanya di anggaran murni. Tapi kita prioritaskan dianggaran perubahan untuk seleksi Sekda ini, ” ujarnya.

PH pun menyakini dalam satu tahun ini sudah harus ada Sekda definitif. Apakah akhir tahun. Tergantung kinerja panitia seleksi.

“Saya yakin, dalam satu tahun ini, Sekda definitif sudah dilantik. Jadi, bagaimana kinerja pansel. Kalo cepat tuntas, maka akan cepat terpilih Sekda definitif,” pungkasnya.

 

 

 

 

Pewarta : jonathan
Editor      : antonius