Malam Badendang Sebagai Ajang Silahturrahmi IKSB Sanggau, Sekaligus Memperkenalkan Adat, Budaya Yang di Miliki

Malam Badendang Sebagai Ajang Silahturrahmi IKSB Sanggau, Sekaligus Memperkenalkan Adat, Budaya Yang di Miliki


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Sanggau A.L.Leysandri, SH hadir pada acara Malam Badendang Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau, dengan mengusung tema “Orang Minang harus rajin, orang Minang harus pro aktif untuk turut andil dalam pembangunan Kabupaten Sanggau”, bertempat di Gedung Balai Betomu Sanggau, Jum’at malam (29/3/2019) pukul 20.00 WIB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua IKSB Provinsi Kalbar H.Martiyas, Kapolres Sanggau AKBP.Imam Riyadi, S.IK, MH, Kepala Pengadilan Negeri Sanggau Arief Boediono, SH, MH, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua IKSB Kabupaten Sanggau Akmal, Etnis Minang, Kerabat Keraton Surya Negara Sanggau dan Perbankan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Yunita mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam hal ini melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau yang telah memfasilitasi kegiatan IKSB.
“Maksud dan tujuan dari kegiatan malam badendang IKSB Kabupaten Sanggau ini sebagai ajang silahturrahmi kami selaku suku Minang Sumatera Barat untuk bisa memperkenalkan budaya-budaya kami, makanan, tarian dan nyanyian agar bisa lebih familiar dikenal oleh masyarakat luas, khususnya masyarakat Kabupaten Sanggau.” (Jelasnya)

Selanjutnya, Ketua IKSB Kabupaten Sanggau menyampaikan “Dihimbaukan kepada suku minang yang ada di Kabupaten Sanggau untuk bisa lebih pro aktif dan saling membaur dengan masyarakat-masyarakat etnis yang ada di Kabupaten Sanggau. Dengan harapan IKSB ini terus dapat bekerjasama, bahu-membahu dengan organisasi dan para Ormas terlebih dengan masyarakat-masyarakat etnis di Sanggau, agar terciptanya kerukunan antar etnis, budaya yang dimiliki di Kabupaten Sanggau.” (Ujarnya

Lebih lanjut, Ketua IKSB Provinsi Kalbar menyampaikan “Kegiatan malam badendang IKSB di Kabupaten Sanggau ini merupakan suatu ajang untuk bersilahturrahmi dengan para tokoh masyarakat yg ada di Kabupaten Sanggau. Pada malam hari ini saya sangat apresiasi kepada IKSB Kabupaten Sanggau dapat menyelenggarakan kegiatan malam badendang IKSB ini. Dengan harapan kedepan untuk terus bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Perlu kami sampaikan bahwa kami memang suku minang akan tetapi tetap menjadi masyarakat Kalimantan Barat. Saya juga turut berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang telah memberikan fasilitas untuk kegiatan IKSB ini, sehingga menjadi ruang untuk kami dalam memperkenalkan kepada masyarakat Kabupaten Sanggau yang menjadi budaya dan adat istiadat suku minang.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama, Sekda Sanggau menyampaikan “Saya senang pada malam hari ini merupakan sebuah keberanian dari IKSB Kabupaten Sanggau yang telah menyatakan bahwa orang minang harus rajin dan pro aktif untuk turut andil dalam pembangunan Kabupaten Sanggau. Sehingga bisa membantu mewujudkan yang menjadi program Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu “Sanggau berbudaya dan beriman”, Sanggau adalah rumah kita dan memberikan ruang kepada kita semua untuk turut andil dalam membangun Kabupaten Sanggau, salah satunya adalah kegiatan malam badendang IKSB Kabupaten Sanggau ini, selain sebagai ajang silahturrahmi juga untuk mengekspresikan yang menjadi adat dan budaya yang dimiliki dari suku Minang”. (Tuturnya)

Penulis : Alfian/Izar