Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa di Kab.Sanggau

Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa di Kab.Sanggau


//DISKOMINFO-SGU//

 

SANGGAU, Dilaksanakan  kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa di Kab.Sanggau bertempat di Aula Hotel Meldy pada tanggal (26/3/2019) pukul 14:00 WIB.

Hadir pada kesempatan itu Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si, Kadis DPM Pemdes Kab.Sanggau Siron, S.Sos, M.Si, Kabid Bangdes DPM Pemdes Kab.Sanggau Antonius Mulyadi, S.STP,ME, Kabid Pemberdayaan DPM Pemdes Kab.Sanggau Oktavia Yunani, S.STP,M.Si, Badan Narkotika Nasional  (BNN) Nobertus Junaedi Ijun, SE dan para peserta.

Pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan dilaksanakan selama 4 hari dengan jumlah peserta 45 orang yang terdiri dari perangkat LPM, LAD dan KPMD yang berasal dari kecamatan Desa Semongan Kec. Noyan, Desa Marita Kec.Parindu, Desa Sansat Kec.Toba, Desa Cempedak Kec.Tayan Hilir, Desa Sungai Tekam Kec.Sekayam, Desa Nekan Kec.Entikong, Desa Mawang Muda Kec.Beduai, Desa Layak Omang Kec.Mukok, Desa Engkadai Kec.Meliau, Desa Empodis Kec.Bonti, Desa Kaetori Kec.Jangkang, Desa Tae Kec.Balai, Desa Kedakas Kec.Tayan Hulu, Desa Sebuduh Kec.Kembayan, Desa Lintang Pelaman Kec.Kapuas.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini disampaikan oleh Kadis DPM Pemdes Kab.Sanggau Siron S.Sos, M.Si yaitu untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan lembaga pemberdayaan masyarakat desa agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat lebih berdayaguna dan berhasilguna. Setelah mengikuti Pelatihan diharapakan peserta memiliki kemampuan memahami manajemen partisipatif pemberdayaan masyarakat, Memahami kebijakan pemeritah daerah dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Memahami peran lembaga kemasyarakatan desa serta cara – cara membangun kerja sama, pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, terampil memproses manajemen partisipatif pemberdayaan masyarakat.

Sambutan Wakil Bupati Sanggau menilai kunci pembangunan nasional terletak pada pembangunan di tingkat terkecil yakni desa. Termasuk juga pembangunan di Kabupaten Sanggau. Wakil Bupati Sanggau menyebut Sanggau merupakan kabupaten yang sangat luas. Di Provinsi Kalimantan Barat, dengan potensi sumber daya alam yang juga sangat besar .  Saya ingin peserta yang hadir hari ini bangga membangun desanya. Sehingga  pulang untuk membangun desanya. Saya begitu yakin, melalui ajang ini akan lahir pemikiran yang lebih inovatif. “Maka dalam kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan Desa ini menjadikan program di desa juga dapat bersinergi dengan program Pemerintah Daerah,” (Ujarnya)