Puskesmas Pusat Damai Parindu di Resmikan, Bupati: Upaya Meningkatkan Angka Harapan Hidup Masyarakat Sanggau


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si meresmikan bangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pusat Damai Kecamatan Parindu, bertempat di Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu, Selasa pagi (12/3/2019) Pukul 10.00 WIB.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Sanggau Usman S.Sos, M.Si, Kapolres Sanggau AKBP.Imam Riyadi, S.IK, MH, Dandim Sanggau Letkol Inf.Herry Purwanto, S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Arief Boediono, SH, MH, Kepala BNNK Sanggau AKBP.Ngatiya, SH, MH, Kepala Kejari Sanggau Dr.M.Idris F.Sihite, SH, MH, Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Sanggau Willybrordus Welly, S.Sos, M Si, Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Ny.Arita Apolina, S.Pd, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dr.Jones Siagian, MQIH, Kepala OPD Kabupaten Sanggau atau pejabat yang mewakili, Forkompimda, Camat Parindu Drs.Paulus Usrin, M.Si, Kepala Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu Martinus Sudarso, Forkompimcam, Perwakilan dari CU.Lantang Tipo, Perbankan, Anggota Bhayangkari Sanggau, Anggota Persit Sanggau, tokoh masyarakat, adat dan agama.

Sebagai pembuka ketua panitia dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau melaporkan “Adapun Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam kepemimpinan Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si dan Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si dari periode pertama yaitu pada tahun 2014 hingga 2019 ingin mewujudkan Kabupaten Sanggau maju dan terdepan yang kita kenal dengan sebutan Sanggau mapan. Maka dari itu yang menjadi tolak ukurnya yang tertuang dalama seven brand images Sanggau salah satunya adalah “Sanggau Sehat”, sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau berupaya membuat banguan Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini dengan megah dan representatif, akan tetapi juga perlu didukung dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap dan terutama pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan baik dan ramah. Perlu kami sampaikan dari data yang sudah ada mengenai angka kematian di Kabupaten Sanggau disebabkan antara lain karena struk, serangan jantung dan termasuklah kecelakaan lalu lintas. Perlu disampaikan juga bahwa terwujudnya Sanggau sehat apabila meningkatnya angka harapan hidup masyarakat Kabupaten Sanggau. Untuk mewujudkannya maka perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas atau jumlah pelayanan kesehatan kepada masyarakat seperti jumlah perawat dan bidan. Adapun upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau membangun Puskesmas di Kabupaten Sanggau yang representatif dan termasuklah Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini yang mana akan diresmikan oleh Bupati Sanggau, dan salah satu bukti ingin mewujudkan Sanggau sehat yang bermartabat.” (Ujarnya)

Selanjutnya, Camat Parindu menyampaikan “Kami mengucapkan selamat datang kepada Bupati Sanggau beserta rombongan di Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu. Terbangunnya gedung yang begitu megah dan modern ini menjadi kebanggaan tersendiri oleh masyarakat Kecamatan Parindu yang mana sudah lama di impi-impikan oleh masyarakat Parindu. Perlu kami sampaikan bahwa dari Kementerian Kesehatan RI sudah memberikan penilaian terhadap akreditasi Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini dengan perolehan Akreditasi Tingkat Madya. Dengan harapan akreditasi tersebut untuk bisa dipertahankan dan bahkan ditingkatkan, serta didukung dengan pelayanan kesehatan masyarakat yang bekerja secara profesional, proporsional dan dengan hati yang tulus. Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau sudah berupaya membangun gedung Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini dengan begitu  megah dan sekaligus telah mewujudkan yang menjadi keinginan masyarakat selama ini.” (Ucapnya)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau menyampaikan “Seperti yang disampaikan oleh Camat Parindu bahwa bangunan Puskesmas ini sudah lama di inginkan oleh masyarakat Parindu dan puji Tuhan saat ini bangunan Puskesmas Pusat Damai ini bisa diresmikan dan difungsikan oleh masyarakat. Sekarang tinggal kita melengkapi yang menjadi ukuran standar Puskesmas terkait dengan tenaga medis dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat seperti; jumlah minimal perawat dan bidan sehingga standar ini harus dipenuhi. Dari segi fisik sudah oke, tinggal pelayanan kesehatan masyarkat diperkuat, dengan ramah dan hati yang tulus,” (Jelasnya)

“Saya percaya bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu ini pelayanannya baik dan ramah. Berharap Puskesmas ini dimanfaatkan dan fungsikan dengan baik oleh masyarakat.” (Harap Bupati Sanggau dengan sapaan akrab PH)

“Menurut saya kita perlu merancang dimana desa dan dusun yang notabene penduduknya banyak, maka saya rasa perlu dipikirkan kedepan, apa lagi berkaitan dengan kendala transportasi yang jauh, sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk berobat ke kota, dengan begitu yang menjadi wujud dari visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang tertuang dalam seven brand images yaitu ”Sanggau Sehat” meningkatnya angka harapan hidup masyarakat Kabupaten Sanggau.” (Tuturnya)

Penyerahan plakat ucapan terimakasih atas pengawalan, pengamanan Pemerintah dan pembangunan daerah oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si kepada Kepala Kejari Sanggau Dr.M.Idris F.Sihite, SH, MH dan Ketua TP4D Sanggau Iman Khilman, SH, MM.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu oleh Bupati Sanggau kepada Kepala Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu.

Prosesi pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sanggau Ny.Arita Apolina, S.Pd, M.Si dan sekaligus peninjauan ruangan kesehatan di Puskesmas Pusat Damai Kecamatan Parindu oleh Bupati Sanggau dan para tamu undangan.

Penulis         : Alfian