//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melaksanakan safari natal bersama masyarakat (Umat) Katolik Stasi Engkode Paroki Mukok Keuskupan Sanggau, dengan mengusung tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (Bdk. 1 Kor. 1:30a), bertempat di Gereja St.Yosef Stasi Engkode Kecamatan Mukok, Minggu pagi (20/1/2019) pukul 09.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si beserta istri, Asisten Pemerintahan, Hukum dan HAM Setda Sanggau Willybrordus Welly, S.Sos, M.Si, Camat Mukok Victorianus, S.Sos beserta istri, Forkompimcam, Pastor Paroki Edmundus, S.VD dan Pastor Paroki Sumardi, S.VD, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua Umat sekaligus Ketua Panitia Thomas Sukarman, Tokoh Masyatakat, Adat dan Agama serta seluruh Umat Katolik Stasi Engkode Paroki Mukok.

Kedatangan Bupati Sanggau beserta rombongan disambut dengan penuh suka cita oleh masyarakat (Umat), sebelum memulaikan rangkaian kegiatan safari natal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, terlebih dahulu melaksanakan Misa bersama yang dipimpin langsung oleh Pastor Paroki Edmundus, S.VD.

Sebagai pembuka acara, Ketua Umat dan sekaligus Ketua Panitia menyampaikan “Safari natal yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau pada hari ini merupakan momen yang pertama dilaksanakan di Stasi Engkode Paroki Mukok ini dan berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan disetiap tahunnya disini. Dimana di Gereja St.Yosef Stasi Engkode ini Umat Katolik cukup banyak, dengan jumlah 678 jiwa. Kami selaku panitia mengucapkan terimakasih kepada pihak donatur dan masyarakat (Umat) yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan safari natal ini bisa berjalan dengan lancar.” (Jelasnya)

Sambutan Pastor Paroki Edmundus, S.VD “Kami ingin berpesan kepada kita semua untuk bisa tetap taat dalam beribadah, saling kerja sama antara satu sama yang lain. Juga berharap selain menjadi umat yg baik dan taat, juga kita selaku Warga Negara Indonesia (WNI) bisa menjadi warga negara yang baik dan taat juga. Maka dari itu, menghimbau kepada masyarakat (Umat), yang mana sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi besar-besaran yaitu pemilihan Presiden dan Legislatif, tepatnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Kita sebagai warga negara yang baik dan taat, untuk bisa menggunakan hak pilihnya dan sekaligus bersama-sama menjaga situasi dan kondisi yang kondusif sehingga pesta demokrasi yang akan datang bisa berjalan dengan baik, lancar dan aman.” (Ujarnya)

Pada kesempatan yang sama Bupati Sanggau menyampaikan “Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau saya mengucapkan selamat natal tahun 2018 dan tahun baru 2019. Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan safari natal di Stasi Engkode ini yang terakhir dalam pelaksanakan safari natal khususnya untuk Umat Katolik. Adapun tujuan dari safari natal ini yakni untuk kami bisa bertemu langsung bersama masyarakat (Umat) Katolik dimana pun berada dan pada hari ini kita bisa bertemu dan berjabat tangan satu sama lain.  Perlu kami sampaikan bahwa safari natal ini bukan hanya untuk Umat Katolik Saja, juga safari natal bersama Umat Kristen dan safari ramadhan bersama Umat Muslim yang ada di Kabupaten Sanggau.” (Tuturnya)

“Berkaitan dengan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat (Umat) untuk bisa menggunakan hak pilihnya sebagai Warga Negara Indonesia. Juga mari kita bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi dengan menjaga situasi dan kondisi yang kondusif agar pesta demokrasi yang akan datang berjalan dengan lancar, aman dan sukses.” (Sambungnya)

Selanjutnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau menyerahkan bantuan sosial berupa beras sebanyak 2,5 ton, yang diserahkan langsung oleh Bupati Sanggau kepada perwakilan dari masyarakat (Umat) Katolik Stasi Engkode Paroki Mukok.

Penulis : Alfian