Oleh : Sukardi

SANGGAU, Ribuan Umat Perbatasan Paroki St.Maria Vianney Entikong Kecamatan Entikong, Penuh Bersukacita Dalam Merayakan Natal Bersama, Minggu (13/1/2019) Pagi.

Ketua Panitia Natal Sabinus melaporkan bahwa Natal bersama terlaksana adalah berkat kerja sama dan dukungan dari umat katolik yang ada di perbatasan entikong, berikut tujuan natal diantaranya: pertama, mempererat hubungan komunikasi antar pastor paroki, para pemimpin umat maupun para umat di stasi-stasi; kedua, paroki entikong selalu membuka diri untuk kerja sama antara pemangku kepentingan maupun unsur lain lainya untuk mendorong pembangunan.

Vikjen Keuskupan Sanggau Pastor Riadi dalam sambutannya mengatakan bahwa natal adalah pesta keluarga dan merayakan natal berarti merayakan terangnya Tuhan sang pembawa damai dan sukacita, seperti mazmur yang berbunyi : hendaklah langit bersukacita dan bumi bersorak sorai, dihadapan wajah Tuhan karna Ia sudah datang.

untuk itu, selaku umat manusia hendaklah kita menjadi terang ditengah kehidupan bersama, menjadi berkat dan saling melayani satu sama lainnya, selamat natal kepada seluruh umat kristiani yang hadir, semoga perayaan natal dan tahun baru ini menjadi semangat baru untuk kita melangkah kedepan kearah yang lebih baik lagi dan umat semakin bertumbuh dalam iman.

Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si, mengatakan bahwa dirinya beserta rombongan senang bisa bertemu dengan umat di paroki entikong dalam rangka safari natal pemerintah daerah bersama umat, sehingga kita diharapkan untuk saling berbagi sukacita natal dan kegembiraan antara satu sama lainnya serta saling menjadi berkat terhadap sesama.

Pesan kepada masyarakat perbatasan khususnya umat paroki entikong agar tetap semangat dan giat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi keluarga, turut serta berkontribusi terhadap pembangunan diwilayah perbatasan, jaga pembangunan pemerintah yang ada dan dukungan program kerja pemerintah daerah maupun pusat terhadap percepatan pembangunan di wilayah perbatasan karena Presiden RI Jokowi sangat komitmen terhadap hal itu.

Bupati juga, dalam kesempatan yang sama berterima kasih kepada masyarakat sanggau pada umumnya dan khususnya masyarakat entikong karena sudah mempercayai dirinya bersama pak Wakil Bupati untuk melanjutkan pembangunan sanggau lima tahun lagi dan masih ada PR yang harus diselesaikan sehingga perlu dukungan masyarakat sanggau agar dapat berjalan sesuai harapan bersama.

Terkait Pileg dan Pilpres yang akan dihelat april mendatang, masyarakat diharapkan harus berpartisipasi dalam menggunakan hak suaranya dan harus cerdas dalam berdemokrasi, jaga situasi agar tetap aman dan kondusif.

Sebagai tali asih, dalam safari natal pemerintah daerah juga memberikan bantuan beras sebanyak 2,5 ton yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sanggau kepada perwakilan umat paroki entikong dan nantinya akan disalurkan oleh pengurus paroki kepada umat yang membutuhkannya.