//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Pengukuhan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kecamatan Parindu, Kecamatan Bonti,  Kecamatan Tayan Hulu, Kecamatan Mukok dan Kecamatan Jangkang oleh Ketua Forikan Kabupaten Sanggau Arita Apolina, S.Pd, M.Si, bertempat di Ruang Musyawarah Lantai 1 Kantor Bupati Sanggau, Senin (12/11/2018).

Turut hadir pada kesempatan ini Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar dalam hal ini di wakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Ir.Jauhari, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Ir.H.Jonh Hendri, M.Si, Kepala OPD atau pejabat yang mewakili, Camat se-Kabupaten Sanggau, Ketua Forikan Kecamatan se-Kabupaten Sanggau serta tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut dibacakan Keputusan serta secara resmi dikukuhkan Pengurus Forikan oleh Ketua Forikan Kab.Sanggau dilanjutkan penandatanganan Naskah Pengukuhan dan Penyematan Pin Forikan oleh Ketua Forikan Kab.Sanggau kepada pengurus Forikan Tingkat Kecamatan yang ada di kab.Sanggau antaralain; Kecamatan Parindu, Kecamatan Bonti,  Kecamatan Tayan Hulu, Kecamatan Mukok dan Kecamatan Jangkang.

Sambutan Ketua Forikan Kabupaten Sanggau “Saya ucapkan selamat kepada pengurus Forikan yang pada hari ini sudah dikukuhkan, ini merupakan tugas mulia yang kita embankan mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar dan baik. Lembaga ini memberikan dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya mengkonsumsi ikan, terutama untuk kecerdasan dan kesehatan. Salah satu upaya untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Kabupaten Sanggau adalah dengan pembentukkan pengurus Forikan tingkat kecamatan. Dengan adanya pengurus Forikan tingkat kecamatan ini diharapkan dapat berperan aktif melakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sampai ke desa-desa.” (Jelasnya)

Selanjutnya, sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau “Perlu kami sampaikan bahwa seluruh rangkain pengukuhan pengurus Forikan di 15 Kecamatan sudah dilaksanakan. Dengan ada lembaga ini menjadi sebuah gerakan bahwa konsumsi ikan satu hal yang harus di gerakkan maupun dari keluarga kita sendiri, organisasi dan Pemerintahan. Adapun tantangan untuk kita semua bahwa bagaimana konsumsi ikan di Kabupaten Sanggau meningkat dan Forikan menjadi salah satu dalam memotivasi kepada masyarakat agar mau konsumsi ikan.” (Ujarnya)

Lebih lanjut, Sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar dalam hal ini di wakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan “Saya ucapkan selamat kepada pengurus Forikan di lima Kecamatan di Kabupaten Sanggau, yang baru saja dikukuhkan oleh Ketua Forikan Kabupaten Sanggau. Tentu merasa bangga dan atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang mana sudah menjalankan tugas dalam mengukuhkan pengurus Forikan tingkat Kabupaten hingga ketingkat Kecamatan. Berharap ini menjadi contoh untuk Kabupaten/Kota yang lain dan tinggal bagaimana di Kabupaten Sanggau ini untuk bisa memanfaatkan dan mengembangkan potensi-potensi yang ada tersebut untuk bisa di kembangkan terutama berkaitan dengan ikan.” (Jelasnya)

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sanggau menyampaikan “Selamat saya ucapkan kepada pengurus Forikan di lima Kecamatan yang pada hari ini sudah dikukuhkan oleh Ketua Forikan Kabupaten Sanggau. Forum ini diharapkan untuk bisa bersama-sama memastikan untuk masyarakat Kabupaten Sanggau mau konsumsi ikan. Secara organisasi Forikan ini sudah sangat baik, akan tetapi mengapa di Kabupaten Sanggau masyarakatnya masih sedikit konsumsi ikan dan ini menjadi tugas kita bersama bahwa bagaimana kedepan kita bisa meningkatkan konsumsi ikan khususnya di Kabupaten Sanggau.” (Tuturnya)

 

Penulis         : Alfian/Rizky