PELAKSANAAN WORKSHOP PTSP BERBASIS ELEKTRONIK DALAM RANGKA PENCEGAHAN TIPIKOR URUSAN PELAYANAN PERIZINAN DAN NONPERIZINAN – DPMPTSP

PELAKSANAAN WORKSHOP PTSP BERBASIS ELEKTRONIK DALAM RANGKA PENCEGAHAN TIPIKOR URUSAN PELAYANAN PERIZINAN DAN NONPERIZINAN – DPMPTSP


//DPMPTSP KAB. SANGGAU//

Berdasarkan Surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia Nomor B/6818/KSP.00/10-16/09/2018 tanggal 7 September 2018 hal undangan Workshop PTSP Berbasis Elektronik, maka Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sanggau Drs. Joko Prihanto menugaskan beberapa staf dari jajarannya yaitu Kepala Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu Hubertus Leydin, SAP, M.Sc, Kepala Seksi Pelayanan Perizinan Drs. Gusti Zulmainis, dan Staf PTSP Ade Muhammad Firman Hardiansyah, A.Md untuk menghadiri undangan dan mengikuti Workshop tersebut.

Adapun Kegiatan Workshop PTSP Berbasis Elektronik tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 Oktober 2018 bertempat di Aula Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Propinsi Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Sood No.1 Pontianak. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, dihadiri oleh Tim Deputi Pencegahan KPK – RI, Pimpinan OPD Propinsi Kalimantan Barat, dan peserta dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan tersebut, dipaparkan tentang pentingnya pelayanan perizinan secara online dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi melalui sistem Online Single Submission (OSS) sebagai jembatan integrasi perizinan secara nasional, dukungan teknis Kementrian KOMINFO untuk PTSP daerah melalui Aplikasi siCantik Cloud yang meliputi :

  1. Menjalankan proses permohonan izin
  2. Setting Umum
  3. Setting Authorisasi
  4. Setting Perizinan (Membuat Jenis Izin)
  5. Membuat Format Penomoran Surat
  6. Membuat Alur Proses
  7. Membuat Jenis Proses
  8. Membuat Template Form
  9. Membuat Template Data
  10. Membuat Template Kamus Data
  11. Setting Notifikasi
  12. Membuat Formula Retribusi
  13. Membuat Modul dan Pelaporan
  14. Menjalankan Alur Proses Izin yang sudah dibuat.

Dalam kegiatan Workshop tersebut, diadakan simulasi dan evaluasi proses masing – masing instansi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat serta diskusi panel, sumbang saran dan tukar pengalaman tentang permasalahan yang dihadapi oleh PTSP pada daerah masing – masing.