Kajian Taman Hutan Raya - DISPORAPAR

Kajian Taman Hutan Raya – DISPORAPAR


DISPORAPAR Sanggau – Danau Laet yang merupakan salah satu wisata ungulan Kabupaten Sanggau sedang berbenah diri. Berbagai upaya untuk memajukann Kawasan Danau menjadi Kawasan yang menarik untuk dikunjungi adalah dengan melakukan lobi-lobi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. seperti ELPAGAR (Lembaga Pemberdayaaan Pergeraan Rakyat) yang anggotanya merupakan Pemuda-pemuda asli setempat dan The Asian Fondation dari luar negeri. Pada kesempatan ini ELPAGAR mengundang seluruh stakholder lembaga Pemerintahan , Masyarakat yang terlibat dalam membangun Kawasan Hutan Raya Danau Laet.

Hadir KADISPORAPAR Sanggau, SEKCAM Tayan Hiir, Danramil, Kapolsek, DAD Tayan Hilir, Lembaga Musyawarah Adat, Majelis Adat Budaya (Dayak,Melayu,Thionghoa, Madura),Para Kepala Desa, Dharma Wanita dan lain-lain.

Acara diisi denga Sambutan dari Direktur ELPAGAR Furbertus Ipur, dilanjutkan dengan sambutan Camat Taya hilir diwakili SEKCAM, dan acara inti dilanjutkan dengan Presentasi dari ELPAGAR mengenai Rekommendasi Perlindungan Kawasan Danau Laet menjadi Tamana Hutan Raya (Tahura) Berbasis Msyarakat. kemudian diakhiri dengann Prsentasi KADISPORAPAR Sanggau dan diskusi.

pada intinya ELPAGAR Yang merupakann Organisasi Kemasyarkatann menginginkan seluruh Kegiatan-kegiatan dalam memajukan dan membangun Danau Laet harus melibatkan masyarakat setempat sehingga efek dari Hutan Raya Danau laet dari kunjungan wisatawan bisa langsung dirasakan masyarakat. sehingga bisa memajukan Ekonomi masyarakat setempat.

KADISPORAPAR Sanggau juga dalam presentasinya yang mengusung tema SANGGAU MAJU DAN TERDEPAN menyarankan agar kegiatan-kegiatan TAHURA tidak merusak apa yang telah ada di Danau laet. menanam tanpa menebang dan membakar pohon supaya menjadi contoh kepada msyarakaat bahwa dengan tidak menebang pohon-pun kita bisa berkarya membuat sesutu yang jauh lebih besar dan bermanfaat untuk anak cucu kita nanti.(Tayan Hiir, 30/11/2017)