//Kardi Diskominfo Sgu//

SANGGAU, Melalui Beraump Bekudongk diharapkan agar mampu menghasilkan program yang dapat menyentuh langsung dengan masyarakat, demikian dikatakan Bupati Sanggau Paolus Hadi,S.IP,M.Si, ketika membuka kegiatan Beraump Bekudongk pada Selasa (31/10) di kompleks rumah Betang Dori’ Mpulor tersebut.

Lebih lanjut kepada para camat, para kades se-kabupaten sanggau, pengurus PKK dan Dasawisma se-kabupaten sanggau, diharapkan dapat mengikuti kegiatan sampai berakhirnya yakni dari 31 Oktober hingga 1 November 2017.

Berikut kegiatan ini dalam rangka sharing pendapat dan sarana mendapatkan informasi dari masyarakat dan pemerintah dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Sanggau, dengan mengusung tema “kerja bersama dalam membangun sinergisitas kebijakan dan program pemerintah daerah dan Tim penggerak PKK kabupaten sanggau”. Tema ini mengandung arti bahwa pemerintah daerah kabupaten sanggau akan terus melaksanakan semua kebijakan dan program yang telah ditetapkan dan salah satu pihak yang memberikan dukungan bagi pemerintah adalah tim penggerak PKK yang dengan seluruh programnya selalu berupaya disinergikan dengan kebijakan dan program pemerintah yang berada pada seluruh perangkat daerah.

Pada kesempatan itu juga Bupati Sanggau mengingatkan dan menegaskan kembali kepada peserta Beraump Bekudongk tahun 2017 terhadap hasil beraump tahun lalu agar dilanjutkan kembali dan perlu kesepakatan bersama dimana program tersebut sungguh membantu sekali diantaranya: menerapkan gerakan wajib belajar pada pukul 18:30 Wib – 19:30 wib kepada para pelajar dan guna mensukseskannya Kades diharapkan dapat memonitori hal tersebut. Kemudian gerakan menanam sayur-sayuran untuk meningkatkan asupan kebutuhan gizi keluarga di pekarangan rumah, Bupati menegaskan kepada Tim penggerak PKK dan kelompok dasawisma agar dapat melaksanakannya sehingga kebutuhan gizi dalam keluarga dapat terpenuhi dengan baik. Berikut setiap hari jumat bergotong-royong membersihkan lingkungan, menyangkut hal ini, wajib bagi kita semua guna menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman, kepada para pegawai dilingkungan pemerintahan kabupaten Sanggau agar hari Jumat usai olahraga/senam dapat melanjutkan dengan kerja bakti bersih lingkungan dan kepada camat maupun para kades dan lurah agar menerapkan hal yang sama, mengenai hari dan waktu tergantung kesepakatan bersama masyarakat setempat yang ada dilingkungan kecamatan, desa atau kelurahan maupun dusun. kemudian mendorong anak sekolah berperan aktif dalam gerakan “Laskar berlian” atau Laskar bersih lingkungan, gerakan ini guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga terhindar dari segala penyakit.

Disamping itu Bupati menegaskan kembali bahwa nanti hasil beraump bekudongk tahun 2017 yang telah disepakati bersama, agar dicetak dan diperbanyak kemudian dibagikan kepada para camat, para kades, Tim penggerak PKK dan SOPD serta pihak terkait lainnya supaya dapat melaksanakan program tersebut dengan baik, sehingga tercapailah harapan apa yang kita direncanakan bersama.

Terakhir terkait dasawisma yang saat ini telah terbentuk sebanyak 678 kelompok agar kedepan dibentuk lagi guna menambah jumlah kelompok dasawisma yang ada saat ini, tegas Bupati.

hadir pada acara tersebut, Bupati Sanggau, Wakil Bupati Sanggau, Sekda Kabupaten Sanggau, Ketua DPRD beserta beberapa Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Dandim, Kapolres, Para Kepala OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Para Camat, Para Kades, para Lurah, Tim penggerak PKK kecamatan dan desa, Dasawisma dan para peserta undangan lainnya.

Penulis : Sukardi